STUDI ANALISIS TENTANG ANAK HYPERAKTIF SERTA USAHA-USAHA MENGATASINYA PADA SISWA KELAS III SD NEGERI SAMBUNGMACAN 4 KABUPATEN SRAGEN TAHUN 2010

YUNIANTI, IIN KURNIA (2010) STUDI ANALISIS TENTANG ANAK HYPERAKTIF SERTA USAHA-USAHA MENGATASINYA PADA SISWA KELAS III SD NEGERI SAMBUNGMACAN 4 KABUPATEN SRAGEN TAHUN 2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Depan_Iin_Kunia_Revisi_Ujian.pdf

Download (124kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_I_iin_Kurnia_Yunianti.pdf

Download (93kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_II_Iin_Kurnia_Yunianti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab__III_Iin_Kurnia_Yunianti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV_Iin_Kurnia_Revisi_Ujian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V_Iin_Kurnia_Yunianti_Revisi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA_Iiin_Kurnia_Yunianti.pdf

Download (80kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran__Iin_Kurnia_Yunianti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sebab-sebab anak hyperaktif serta upaya mengatasinya pada siswa Kelas III SD Negeri Sambungmacan 4 Kabupaten Sragen tahun pelajaran 2009/2010. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan bentuk penelitian adalah studi kasus. Subjek penelitian adalah siswa kelas III yang memiliki sikap hyperaktif yang ada di SD Negeri Sambungmacan 4 Sragen tahun 2010. Dalam pengumpulan data, metode yang dipergunakan metode observasi, dokementasi, dan wawancara. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model induktif interaktif yang memiliki tiga komponen pokok analisis yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan aktivitasnya dilakukan dalam bentuk interaktif dengan proses pengumpulan data sebagai suatu siklus. Dalam bentuk ini peneliti tetap bergerak di antara empat komponen (termasuk proses pengumpuan data) selama proses pengumpulan data berlangsung. Kemudian setelah pengumpulan data peneliti bergerak diantara tiga komponen pokok yaitu, reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat dibuat kesimpulan sebagai berikut: Sebab-sebab anak menjadi hyperaktif antara lain: 1) Perasaan egois yang berlebih pada diri anak.2) Adanya siswa yang usia melebihi teman sebayanya. 3) Terdapat siswa yang memiliki kepandaian di atas teman-temannya tetapi belum mampu memanfaatkan umurnya.4) Terdapat siswa yang memiliki daya tangkap terhadap materi pelajaran rendah, agar diperhatikan maka ia bertindak yang macam-macam. 5) Terdapatnya beban psikologis dari anak karena ia tidak ikut orang tuanya 6) Situasi lingkungan belajar siswa yang mendukung untuk terjadinya sikap anak sehingga jadi hyperaktif. 7) Kurangnya kepedulian orang tua terhadap anaknya di rumah maupun di sekolah. 8) Cara bimbingan orang tua yang kurang tepat. 9) Gangguan dari faktor lingkungan. 10) Kasih sayang yang berlebihan dari orang tua pada anaknya dan 11) Perbuatan yang kurang terpuji yang dilakukan oleh orang tua yang sering disaksikan anak Usaha-usaha yang dapat dilakukan untuk mengatasi tingkah laku hyperaktif anak antara lain: 1) Tidak selalu memenuhi tuntutan anak, 2) Orang tua harus mengusahakan agar anak tidak selalu melihat film-film yang bertemakan kekerasan. 3) Semua guru dan orang tua mengusahakan memberi contoh perilaku yang baik. 4) Menciptakan suasana gembira di rumah dan sekolah, 5) Memberikan kesempatan pada anak untuk melatih fisik dan gerakannya. 6) Membina komunikasi yang baik antara sekolah dengan orang tua 7) Mengembangkan sikap sosial pada diri anak melalui pembelajaran interaktif, dan 8) Memberikan perhatian khusus pada anak yang dipandang perlu untuk diperhatikan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A510/2011-014
Uncontrolled Keywords: Analisis, Usaha Mengatasi, hyperaktif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 26 Apr 2011 09:59
Last Modified: 04 May 2011 03:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11886

Actions (login required)

View Item View Item