Jannah, Luluk Intan Nafikul and , Dr. Triono Ali Mustofa,S.Pd.,M.Pd.I (2023) Relevansi Konsep Guru Ideal Menurut Imam Al-Ghazali Dalam Kitab Ihya'ulum Ad-Din Terhadap Kompetensi Guru Pendidikan Islam Kontemporer. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
naspub luluk.pdf Download (215kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
Up halaman depan.pdf Download (633kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I Up.pdf Download (229kB) |
|
PDF (Bab II)
Up BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (408kB) |
|
PDF (Bab III)
Up BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (552kB) |
|
PDF (Bab IV)
Up BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (288kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V Up.pdf Restricted to Repository staff only Download (116kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (214kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Download (199kB) |
|
PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
pernyataan publikasi new.pdf Restricted to Repository staff only Download (384kB) |
Abstract
Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana konsep guru ideal menurut Imam al-Ghazali dalam kitab Ihya‟ Ulum Ad-Din dan bagaimana relevansi konsep guru ideal dalam kitab Ihya‟ Ulum Ad-Din terhadap kompetensi guru pendidikan Islam kontemporer. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research), dengan mengambil karya dari seorang ulama yang menyampaikan banyak pemikiran dalam dunia pendidikan yaitu Imam al-Ghazali. Pengumpulan data ini dilakukan dengan menggunakan metode dokumen yang terdiri dari sumber data primer yaitu kitab Ihya‟ Ulum Ad-Din jilid 1, dan data sekunder berupa buku, jurnal, artikel yang mengandung tema penilitian. Analisis data menggunakan analisis konten (analisis isi) dengan pendekatan historis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep guru ideal menurut Imam al Ghazali ada lima konsep yaitu berilmu (mengajar sesuai dengan tingkat kemampuan peserta didik), keterampilan (mencegah peserta didik agar tidak melakukan perbuatan tercela), sikap (kasih sayang dan ikhlas), teladan (mengamalkan apa yang telah disampaikan kepada peserta didik), dan etika (tidak melecehkan/ merendahkan ilmu lain). Konsep guru ideal yang dikemukakan oleh Imam al-Ghazali tersebut sebagian besar masih relevan dengan kompetensi guru pendidikan Islam saat ini.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | guru ideal, Imam al-Ghazali, pendidikan Islam |
Subjects: | B Philosophy (General); Religion > BA Islamic B Philosophy (General); Religion > BA Islamic > Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | LULUK INTAN NAFIKUL JANNAH |
Date Deposited: | 23 Nov 2023 04:33 |
Last Modified: | 23 Nov 2023 04:33 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/118804 |
Actions (login required)
View Item |