UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn TENTANG PENGARUH GLOBALISASI MELALUI METODE SIMULASI PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 01 NGEPUNGSARI KECAMATAN JATIPURO TAHUN 2009/2010

SUHARMI , SUHARMI (2010) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn TENTANG PENGARUH GLOBALISASI MELALUI METODE SIMULASI PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 01 NGEPUNGSARI KECAMATAN JATIPURO TAHUN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
FILE_2_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (162kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB__V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
FILE_4_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (128kB)
[img] PDF (Lampiran)
FILE_5_LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru kelas V yang membantu pelaksanaan penelitian. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas IV SDN 01 Ngepungsari yang berjumlah 23 siswa. Adapun prosedur penelitian ada tiga siklus yang masing-masing siklus ada empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PKn materi pengaruh globalisasi melalui penggunaan metode simulasi pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Ngepungsari. Adapun hasil penelitian mampu menjawab rumusan masalah untuk mencapai tujuan penelitian dan membuktikan hipotesis penelitian, yaitu: Penggunaan metode Simulasi dapat meningkatkan hasil belajar PKn tentang pengaruh globalisasi bagi siswa kelas IV SDN 01 Ngepungsari tahun 2009/2010”. Dibuktikan dengan peningkatan hasil belajar PKn pada siklus I ada 65 % siswa yang tuntas belajar meningkat menjadi 74 % siswa pada siklus II dan pada siklus III 100 % siswa tuntas belajar sehingga KKM pada mata pelajaran PKn tercapai. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran melalui metode simulasi pada materi pengaruh globalisasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 01 Ngepungsari tahun pelajaran 2009/2010. Penerapan metode Simulasi memberikan manfaat bagi peningkatan pemahaman siswa dalam kualitas pembelajaran, misalnya : keberanian siswa untuk bertanya atau menyampaikan ide/pendapat meningkat, dan nilai hasil belajar siswa meningkat. Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat diajukan adalah (1) dalam penerapan metode simulasi selama pembelajaran, hendaknya guru menjelaskan materi yang akan disimulasikan dengan cara memperagakan terlebih dahulu, (2) guru hendaknya memberikan lebih banyak kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal yang belum atau kurang faham sebelum dilakukannya permainan simulasi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A510/2011-001
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar PKn, Siswa, Metode Simulasi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 26 Apr 2011 09:29
Last Modified: 04 May 2011 04:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11877

Actions (login required)

View Item View Item