PENGGUNAAN TEKNIK JUMPING FROG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT BAGI SISWA KELAS II SDN 01 JATIHARJO JATIPURO KARANGANYAR TAHUN 2010/2011

SUSILAWATI , SUSILAWATI (2010) PENGGUNAAN TEKNIK JUMPING FROG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT BAGI SISWA KELAS II SDN 01 JATIHARJO JATIPURO KARANGANYAR TAHUN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (128kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Microsoft_Word_-_BAB_I.pdf

Download (112kB)
[img] PDF (Bab II)
Microsoft_Word_-_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img] PDF (Bab III)
Microsoft_Word_-_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img] PDF (Bab IV)
Microsoft_Word_-_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (360kB)
[img] PDF (Bab V)
Microsoft_Word_-_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Microsoft_Word_-_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (71kB)
[img] PDF (Lampiran)
Microsoft_Word_-_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan rumusan masalah yaitu : Apakah dengan menggunakan teknik jumping frog dapat meningkatkan hasil belajar matematika penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat bagi siswa kelas 2 SD Negeri 01 Jatiharjo tahun pelajaran 2010 / 2011? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat bagi siswa kelas 2 SDN 01 Jatiharjo tahun pelajaran 2010 / 2011 melalui teknik jumping frog. Data penelitian ini untuk menginformasikan bahwa peningkatan hasil belajar matematika bagi siswa kelas 2 dengan penggunaan tehnik jumping frog. Tehnik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi partisipasif, dan tes. Instrumen yang digunakan dalam mengadakan evaluasi penelitian yaitu : lembar observasi, daftar kelas 2 SDN 01 Jatiharjo, daftar nilai. Tehnik analisis data dengan menggunakan tehnik deskriptif kualitatif yang meliputi tahap pengumpulan data, reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian siklus I menunjukkan siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebesar 33,33 %, siklus II 70,37 %, siklus III 96,29 %. Dengan demikian dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik jumping frog dapat meningkatkan hasil belajar matematika penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat bagi siswa kelas 2 SD Negeri 01 Jatiharjo Jatipuro Karanganyar tahun pelajaran 2010 / 2011.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar siswa Jumping Frog.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 26 Apr 2011 08:57
Last Modified: 26 Apr 2011 09:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11868

Actions (login required)

View Item View Item