Tristianto, Rudy (2008) PENGARUH KELENGKAPAN SARANA BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PKN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI I JATIPURNO KABUPATEN WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2007/2008. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
A220040004.pdf Download (53kB) |
|
PDF
A220040004.pdf Restricted to Repository staff only Download (558kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kelengkapan sarana belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar PKn pada siswa kelas VII SMP NEGERI I JATIPURNO Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2007/2008. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas VII SMP NEGERI I JATIPURNO Kabupaten Wonogiri tahun pelajaran 2007/2008 yang berjumlah 240 siswa dan sampel penelitian 40 siswa. Pengumpulan data menggunakan angket untuk data mengenai kelengkapan sarana belajar, motivasi belajar, dan dokumentasi untuk data mengenai prestasi belajar PKn siswa. Dalam penelitian ini data yang terkumpul kemudian dianalisis regresi dua prediktor, dengan rumus: Freg = Hasil perhitungan regresi memperoleh harga Freg = 63,291, dikonsultasikan dengan Ftabel pada taraf signifikansi 5% dengan db (2;37) adalah sebesar 3,25 dan pada taraf signifikansi 1% = 5,21, hasilnya Fhitung > Ftabel = 63,291 > 3,25 atau 63,291 > 5,21, sehingga hipotesis yang menyatakan ada pengaruh kelengkapan sarana belajar dan motivasi belajar terhadap Prestasi belajar PKn dinyatakan dapat diterima. Variabel kelengkapan sarana belajar memberikan sumbangan relatif (SR%X1) sebesar 60,89% dan sumbangan efektif (SE%X1) sebesar 7,98%. Motivasi belajar memberikan sumbangan relatif (SR%X2) sebesar 39,11% dan sumbangan efektif (SE%X2) sebesar 23,56%, sehingga nampak bahwa variabel kelengkapan sarana belajar memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap prestasi belajar PKn dibandingkan variabel motivasi belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh positif yang signifikan dari kelengkapan sarana belajar dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar PPKn. Sehingga semakin aktif siswa dalam belajar dan semakin tingginya motivasi belajar siswa, maka akan semakin tinggi pula prestasi belajarnya.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | sarana belajar, motivasi belajar, prestasi belajar PKn |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 28 Apr 2009 04:21 |
Last Modified: | 01 Feb 2011 05:33 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1184 |
Actions (login required)
View Item |