Objektifikasi Perempuan Muslim Dalam Akun Instagram @umscantikid

Madjdi, Rahmatuts Tsaniah Noor and , Rino Andreas, S.I.Kom., MA. (2023) Objektifikasi Perempuan Muslim Dalam Akun Instagram @umscantikid. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)

Abstract

Penelitian ini menganalisis konstruksi kecantikan dalam identitas sosial dan objektifikasi perempuan muslim di akun instagram @umscantikid. Konsep Beauty Myth oleh Naomi Wolf menjelaskan bahwa masyarakat dan lingkungan membentuk standar kecantikan yang dianggap "ideal" atau "tidak ideal" berdasarkan faktor sosial, ekonomi, ekologi, dan budaya yang melahirkan praktik objektifikasi perempuan yang membentuk hegemoni. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode analisis isi dan teori identitas sosial. Populasi penelitian ini merupakan postingan akun Instagram @umscantik dari September 2020 hingga tahun 2022 sebanyak 244 postingan yang kemudian dipilih 6 sampel postingan menggunakan purposive sampling dan dikategorikan dalam tiga unit analisis. Temuan menunjukkan adanya komentar-komentar yang mengarah pada kecantikan di akun universitas cantik menunjukkan bagaimana masyarakat atau lingkungan selalu berusaha menciptakan standar "ideal" versi mereka tentang tubuh perempuan. Terlebih, praktik objektifikasi melalui foto dan interaksi di akun tersebut membentuk hegemoni gender dalam lingkungan kampus. Objektifikasi ini mengakibatkan fokus pada penampilan fisik dan kecantikan serta mengesampingkan aspek lain dari identitas perempuan muslim. Media sosial sering menempatkan perempuan dalam stereotip kecantikan, mendorong objektifikasi dan pelecehan, serta memperkuat hegemoni.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: objektifikasi, perempuan muslim, identitas sosial, hegemoni
Subjects: H Social Sciences > HE Communications
H Social Sciences > HE Communications > HE4 Social Media
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RAHMATUTS TSANIAH NOOR MADJDI
Date Deposited: 17 Nov 2023 01:56
Last Modified: 17 Nov 2023 01:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/118378

Actions (login required)

View Item View Item