PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK MATERI SISTEM PERNAPASAN PADA MANUSIA MELALUI STRATEGI READING GUIDE DAN ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 2 GATAK SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010/ 2011

HARSANTI , NURI WIDDHI (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK MATERI SISTEM PERNAPASAN PADA MANUSIA MELALUI STRATEGI READING GUIDE DAN ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 2 GATAK SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010/ 2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf

Download (72kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (44kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf

Download (35kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan strategi pembelajaran, yaitu dengan strategi reading guide dan role playing dalam pembelajaran biologi. Strategi reading guide merupakan strategi yang berfungsi untuk memahami materi secara mandiri siswa dengan membaca teks bacaan. Strategi role playing merupakan strategi yang melibatkan interaksi antara dua siswa atau lebih tentang suatu topik atau situasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Gatak Sukoharjo tahun ajaran 2010/2011. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Metode yang digunakan adalah membaca, penugasan, diskusi kelompok, presentasi, dan ceramah. Analisis data dalam penelitian ini dengan deskriptif kualitatif yang dilengkapi dengan analisis rata-rata hasil belajar di kelas VIII C SMP Negeri 2 Gatak Sukoharjo. Sebelum pelaksanaan tindakan diperoleh rata-rata hasil belajar siswa 59,16 dan rata-rata pada siklus I meningkat menjadi 74,34, dan rata-rata siklus II meningkat menjadi 79,28. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: secara keseluruhan baik penilaian kognitif produk, penilaian kognitif proses, dan penilaian perilaku afektif ada peningkatan hasil belajar biologi dengan menggunakan strategi reading guide dan role playing siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Gatak Sukoharjo tahun ajaran 2010/2011. Pada ranah kognitif sebesar 100% dengan nilai rata-rata 79,28. Untuk ranah kognitif proses mengalami peningkatan dari siklus I pertemuan pertama 20,40 dengan kriteria baik dan pertemuan kedua 20,10 dengan kriteria baik, siklus II pertemuan pertama 21,30 dengan kriteria sangat baik dan pertemuan kedua 21,70 dengan kriteria sangat baik. Untuk ranah afektif juga mengalami peningkatan dari siklus I pertemuan pertama 18,80 dengan kriteria baik dan pada pertemuan kedua 19,10 dengan kriteria baik, siklus II pertemuan pertama 21,80 dengan kriteria sangat baik dan pertemuan kedua 20,10 dengan kriteria baik, sedangkan secara individual baik penilaian kognitif produk, penilaian kognitif proses, dan penilaian perilaku afektif sudah dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa terbukti pada semua siswa mengalami peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A420/2011-001
Uncontrolled Keywords: Peningkatan hasil belajar, strategi reading guide, role playing
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 25 Apr 2011 08:33
Last Modified: 28 Apr 2011 06:36
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11830

Actions (login required)

View Item View Item