SAPUTRI , YULIANA FAUZY TRISNA (2011) IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA (PTK Pada Siswa Kelas VII Semester II Sub Pokok Bahasan Persegi SMP Negeri I. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf Download (460kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (293kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (378kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (410kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (456kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (326kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf Download (349kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._Lampiran-Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (796kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendiskripsikan proses pembelajaran matematika menggunakan metode Problem Based Learning dalam pembelajaran matematika, 2) mengetahui peningkatan pemahaman konsep dalam proses pembelajaran matematika melalui penerapan strategi pembelajaran Problem Based Learning, 3) mengetahui peningkatan hasil belajar matematika melalui penerapan strategi pembelajaran Problem Based Learning. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK ( Penelitian Tindakan Kelas ). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII C SMP Negeri I Plupuh yang berjumlah 40 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Metode observasi dan metode tes sebagai metode pokok, serta metode bantu yang meliputi catatan lapangan, metode dokumentasi. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi penyelidik. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis kualitatif dilakukan dengan metode alur yang meliputi reduksi data, penyimpangan data dan penarikan kesimpulan atau verivikasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep dan hasil belajar matematika pada pokok bahasan persegi. Hal ini dapat dilihat dari : (1) indikator pemahaman konsep: a) siswa yang menyebutkan ciri, sifat dan faktor-faktor yang mendukung konsep sebelum tindakan 5% dan setelah tindakan mengalami peningkatan sebesar 57,5%, b) menghubungkan konsep tersebut dengan konsep-konsep lain yang berhubungan sebelum tindakan 2,5% dan setelah tindakan mengalami peningkatan sebesar 52,5%, c) mampu membuat kesimpulan yang meliputi pendefinisian konsep sebelum tindakan 7,5% dan setelah tindakan mengalami peningkatan sebesar 37,5%, d) mampu memberikan contoh dan non contoh dari konsep sebelum tindakan 12,5% dan setelah tindakan mengalami peningkatan sebesar 35%. (2) peningkatan hasil belajar matematika sebelum tindakan sebesar 67,5% dan setelah tindakan mengalami peningkatan sebesar 97,4%. Peneliti menyimpulkan bahwa metode PBL (Problem Based Learning) dapat meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi pembelajaran, Pemahaman konsep, Hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 25 Apr 2011 08:10 |
Last Modified: | 25 Apr 2011 08:10 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11827 |
Actions (login required)
View Item |