Amiroh, Inas and , Istanto, S.Pd.I, M.Pd, (2023) Metode Meningkatkan Kemampuan Hafalan Al-Qur'an Siswa Di SMP Muhammadiyah Al Kautsar Program Khusus (PK) Kartasura Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI tbr.pdf Download (325kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman Depan S.pdf Download (496kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB 1 S.pdf Download (269kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB 2 S.pdf Restricted to Repository staff only Download (375kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB 3 tbr.pdf Restricted to Repository staff only Download (650kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB 4 tbr.pdf Restricted to Repository staff only Download (270kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB 5 tbr.pdf Restricted to Repository staff only Download (128kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA tbr.pdf Download (155kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN tbr.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
surat keterangan karya ilmiah.pdf Restricted to Repository staff only Download (255kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya program tahfidz yang ada di SMP Muhammadiyah Al Kautsar Program Khusus (PK) Kartasura. Hal tersebut dapat mendorong siswa untuk meningkatkan hafalan Al-Qur’annya. Penelitian ini berusaha untuk mendeskripsikan metode atau cara untuk meningkatkan kemampuan hafalan Al-Qur’an serta mengidentifikasi apa saja hambatan yaang mempengaruhi dalam hafalan Al-Qur’an di SMP Muhammadiyah Al- Kautsar Program Khusus (PK) Kartasura. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan menggunakan pendekatan fenomenologis, yang teknis pengumpulan data yang berupa observasi, wawancara, dan studi dokumen. Keabsahan data dalam penelitian ini diuji menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan metode meningkatkan kemampuan hafalan Al-Qur’an siswa di SMP Muhammadiyah Al Kautsar Program Khusus (PK) Kartasura dilakukan dengan; 1) metode halaqah, 2) metode talaqqi, 3) metode takrir, 4) pemberian punishment dan reward, serta 5) bimbingan khusus seperti muroja’ah dan motivasi. Ada pula faktor penghambat dalam meningkatkan kemampuan hafalan Al-Qur’an siswa adalah; 1) adanya siswa yang bacaan Al-Qur’annya belum sempurna, 2) kurangnya motivasi dalam diri siswa, 3) tingkat kecerdasan siswa berbeda-beda, dan 4) pemanfaatan waktu.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Tahfidz, Metode Hafalan, Guru Tahfidz, Siswa |
Subjects: | B Philosophy (General); Religion > BA Islamic > Pendidikan Agama Islam B Philosophy (General); Religion > BA Islamic > Ilmu Qur'an dan Tafsir E Education > Individual institutions (Asia. Africa) > Education in Indonesia |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | INAS AMIROH |
Date Deposited: | 22 Nov 2023 08:40 |
Last Modified: | 19 Nov 2024 04:21 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/118259 |
Actions (login required)
View Item |