PERBANDINGAN KADAR PROTEIN DAN SIFAT ORGANOLEPTIK PADA TELUR ASIN HASIL PERENDAMAN SERBUK BATU BATA MERAH DENGAN TELUR BEBEK TANPA PENGASINAN

LISTYORINI, RURIYAWATI (2010) PERBANDINGAN KADAR PROTEIN DAN SIFAT ORGANOLEPTIK PADA TELUR ASIN HASIL PERENDAMAN SERBUK BATU BATA MERAH DENGAN TELUR BEBEK TANPA PENGASINAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Bab I)
File_2._Cover_dan_BAB_I.pdf

Download (258kB)
[img] PDF (Keseluruhan)
File_1._Skripsi_Ruriyawati_Listyorini.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Telur merupakan bahan pangan paling sempurna gizinya dimana didalamnya terdapat karbohidrat, lemak, protein dan mineral yang dibutuhkan mahluk hidup. Protein adalah salah satu komponen yang ada didalamm telur, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kadar protein telur asin hasil perendaman serbuk batu bata merah dengan telur bebek tanpa pengasinan. Metode yang digunakan adalah eksperimen. Parameter yang digunakan adalah kadar protein dan dilanjutkan sifat organoleptik yang terdiri dari teksr, warna, bau dan rasa pada telur matang. Kadar protein diukur dengan metode Kjehdal. Hasil penelitian adalah 11,78% untuk telur asin hasil perendaman serbuk batu bata merah dan 10,94% untuk telur bebek tanpa pengasinan, untuk uji telur asin hasil perendaman serbuk batu bata merah pada putih telurnya tekstur kenyal, warna putih, bau amis, rasa asin. Pada kuning telurnya tekstur maksir, warna kuning kemerahan, bau amis, rasa asin. Sedangkan pada telur bebek tanpa pengasianan pada putih telur tekstur kenyal, warna putih kecoklatan, bau amis, rasa biasa (tawar). pada kuning telurnya tekstur agak maksir, warna kuning, bau amis, rasa biasa (tawar). Data kuantitatif untuk uji organoleptik. Dapat disimpulkan bahwa pengasinan telur dengan serbuk batu bata merah tidak berpengaruh terhadap kandungan protein.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A420/2011-003
Uncontrolled Keywords: telur asin, telur bebek tanpa pengasinan, protein, serbuk batu bata merah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 25 Apr 2011 05:39
Last Modified: 28 Apr 2011 06:34
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11823

Actions (login required)

View Item View Item