SUSILO , ARIS (2011) PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA ALJABAR MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY (PTK Pada Siswa Kelas VII A Semester Gasal MTs Negeri Gondangrejo Filial Ngadiluwih Karanganyar Tahun Ajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (114kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (57kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (237kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (231kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (25kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (13kB) |
|
PDF (Lampiran 1)
LAMPIRAN-I.pdf Restricted to Repository staff only Download (163kB) |
||
PDF (Lampiran 2)
LAMPIRAN-II.pdf Restricted to Repository staff only Download (0B) |
||
PDF (Lampiran 3)
LAMPIRAN-III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini: (1) mendiskripsikan peningkatan keaktifan belajar matematika pada aljabar dengan strategi pembelajaran Course Review Horay, dan (2) mendiskripsikan peningkatan hasil belajar matematika pada aljabar dengan strategi pembelajaran Course Review Horay. Jenis penelitian ini PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VII A MTs Negeri Gondangrejo Filial Ngadiluwih Karanganyar, yang berjumlah 26 siswa. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Keabsahan data dilakukan dengan observasi secara terus menerus dan triangulasi data. Hasil penelitian ini: (1) Ada peningkatan keaktifan belajar yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator keaktifan belajar meliputi: a) keberanian siswa dalam bertanya sebelum tindakan 7,69% dan di akhir tindakan 46,15 %, b) mengemukakan ide sebelum tindakan 7,69% dan di akhir tindakan 42,31%, c) menjawab pertanyaan sebelum tindakan 15,38% dan di akhir tindakan 53,84%, d) mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan 19,23% dan di akhir tindakan 61,53%, dan (2) Ada peningkatan hasil belajar siswa yang mendapat nilai lebih dari sama dengan 55 sebelum tindakan 46,15% dan di akhir tindakan 73,08%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi pembelajaran Course Review Horay dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keaktifan, hasil belajar, course review horay. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 21 Apr 2011 04:26 |
Last Modified: | 21 Apr 2011 04:26 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11774 |
Actions (login required)
View Item |