PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA GARIS SINGGUNG LINGKARAN MELALUI STRATEGI VISUALISASI BAGI SISWA KELAS VIII MTs NEGERI PULUTAN TAHUN PELAJARAN 2010/ 2011

WIBOWO , HENDRI DWI (2011) PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA GARIS SINGGUNG LINGKARAN MELALUI STRATEGI VISUALISASI BAGI SISWA KELAS VIII MTs NEGERI PULUTAN TAHUN PELAJARAN 2010/ 2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_depan.pdf

Download (142kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I_pdf.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II_pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III_pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV_pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V_pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA_pdf.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Lampiran 1)
DOKUMENTASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (735kB)
[img] PDF (Lampiran 2)
LAMPIRAN_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (408kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan peningkatan keaktifan belajar matematika pada garis singgung lingkaran dengan strategi visualisasi, dan (2) mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar matematika pada garis singgung lingkaran dengan strategi visualisasi. Jenis penelitian ini PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIII MTs Negeri Pulutan, kecamatan Nogosari, kabupaten Boyolali, yang berjumlah 42 siswa. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Keabsahan data dilakukan dengan observasi secara terus menerus dan triangulasi data. Hasil penelitian ini adalah: (1) Ada peningkatan keaktifan belajar yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator keaktifan belajar meliputi: a) antusias siswa dalam bertanya sebelum tindakan 7,14% meningkat menjadi 40,47 % setelah tindakan. b) antusias siswa dalam mengemukakan pendapat atau ide sebelum tindakan 4,76% meningkat menjadi 45,24% setelah tindakan, c) antusias siswa dalam menjawab pertanyaan sebelum tindakan 9,52% meningkat menjadi 50 % setelah tindakan, d) antusias siswa mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan 14,28% meningkat menjadi 54,76% setelah tindakan, dan (2) Ada peningkatan prestasi belajar siswa yang dapat dilihat dari siswa yang mendapat nilai lebih dari sama dengan 60 sebelum tindakan 35,71% meningkat menjadi 71,43% setelah tindakan. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi visualisasi dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keaktifan, prestasi belajar, visualisasi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 21 Apr 2011 04:13
Last Modified: 21 Apr 2011 04:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11772

Actions (login required)

View Item View Item