KONTRIBUSI MONITORING ORANG TUA DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP MINAT BELAJAR DAN DAMPAKNYA PADA PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA Pada Siswa Kelas VII Semester Gasal SMP Muhammadiyah 1 Kartasura Tahun Ajaran 2010/2011

FAUZIYAH, LAINI (2011) KONTRIBUSI MONITORING ORANG TUA DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP MINAT BELAJAR DAN DAMPAKNYA PADA PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA Pada Siswa Kelas VII Semester Gasal SMP Muhammadiyah 1 Kartasura Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (253kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[img]
Preview
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (42kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN_-_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (766kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis dan menguji kontribusi secara tidak langsung variabel monitoring orang tua dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar matematika melalui minat belajar, (2) menganalisis dan menguji kontribusi secara langsung variabel monitoring orang tua dan fasilitas belajar terhadap minat belajar, (3) menganalisis dan menguji kontribusi yang nyata variabel minat belajar terhadap prestasi belajar matematika. Subyek penelitian ini semua siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Kartasura sebanyak 149 siswa. Sedangkan sampelnya sebanyak 109 siswa yang diambil dengan teknik proportional random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan: metode angket dan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis data yang digunakan adalah: uji normalitas dengan uji Kolmogorov-Smirnov dan uji linearitas. Hasil penelitian didukung dengan prasyaratan analisis uji normalitas dan uji linearitas telah dipenuhi. Berdasarkan hasil perhitungan analisis maka diperoleh hasil sebagai berikut: (1) terdapat kontribusi secara tidak langsung variabel monitoring orang tua dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar matematika melalui minat belajar, monitoring orang tua berpengaruh tidak langsung ke prestasi belajar matematika melalui minat belajar dengan nilai IE = 0,183, fasilitas belajar berpengaruh tidak langsung ke prestasi belajar matematika melalui minat belajar dengan nilai IE = 0,132, (2) terdapat kontribusi secara langsung variabel monitoring orang tua dan fasilitas belajar terhadap minat belajar, monitoring orang tua berpengaruh langsung ke minat belajar dengan nilai DE = 0,305, fasilitas belajar berpengaruh langsung ke minat belajar dengan nilai DE = 0,080, (3) terdapat kontribusi yang nyata variabel minat belajar terhadap prestasi belajar matematika, dengan nilai DE = 0,375.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information:
Uncontrolled Keywords: minat, prestasi, monitoring, fasilitas.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 20 Apr 2011 10:17
Last Modified: 20 Apr 2011 10:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11759

Actions (login required)

View Item View Item