PENGEMBANGAN APLIKASI SMS GATEWAY DAN ANDROID: LAYANAN BERBASIS “MOBILE” DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA

Nisa, Maria Husnun (2016) PENGEMBANGAN APLIKASI SMS GATEWAY DAN ANDROID: LAYANAN BERBASIS “MOBILE” DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA. In: Prosiding Seminar Lokakarya Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia 2016: KEPEMIMPINAN & PROFESIONALISME PUSTAKAWAN : Kontribusi dalam Peningkatan Kualitas Perguruan Tinggi.

[img] PDF (Cover dan Artikel)
Semiloka 2016 Maria Husnun Nisa.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat telah mengubah spektrum kehidupan masyarakat terutama generasi digital native. Perilaku pencarian informasi dari generasi ini tidak bisa terlepas dari teknologi informasi salah satunya handphone. Mereka harus selalu online di mana saja dan kapan saja mereka mau tanpa mengenal waktu. Perpustakaan perguruan tinggi yang notabene sebagian besar penggunanya adalah generasi digital native dituntut untuk menghadirkan layanan yang sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan juga sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Oleh karena itulah Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menghadirkan layanan sms gateway dan layanan android. Dua layanan yang berbasis mobile (handphone) yang bertujuan memudahkan para penggunanya untuk selalu terhubung dan dapat bertransaksi dengan Perpustakaan UMS di mana saja dan kapan saja. Aplikasi sms gateway dan android ini dihadirkan berdasarkan permintaan dan kebutuhan dari pengguna yang diambil datanya pada saat dilakukan survei. Lewat sms gateway dan android para pengguna bisa melakukan perpanjangan buku pinjaman, pengecekan denda, pengecekan pinjaman, pengusulan koleksi, penelusuran katalog dan membaca berita terbaru dari website perpustakaan UMS. Selain itu lewat sms gateway para pengguna juga selalu diingatkan akan waktu pengembalian dan kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan Perpustakaan UMS.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Teknologi Mobile, Digital Native, SMS Gateway, Android
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: Unit > Perpustakaan
Depositing User: Maria Husnun Nisa
Date Deposited: 23 Oct 2023 02:01
Last Modified: 23 Oct 2023 02:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/117508

Actions (login required)

View Item View Item