EKSPERIMEN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI GROUP RESUME DAN BAMBOO DANCING DITINJAU DARI MOTIVASI BERPRESTASI PADA SISWA KELAS XI SEMESTER 1 SMA NEGERI 1 KARTASURA

HARTANTO, NINDA SEPTIANA (2011) EKSPERIMEN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI GROUP RESUME DAN BAMBOO DANCING DITINJAU DARI MOTIVASI BERPRESTASI PADA SISWA KELAS XI SEMESTER 1 SMA NEGERI 1 KARTASURA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (177kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (42kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, (1) pengaruh penggunaan strategi pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh prestasi belajar matematika ditinjau dari motivasi berprestasi siswa, (3) interaksi antara strategi pembelajaran ditinjau dari motivasi berprestasi siswa tehadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kartasura. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 87 siswa, yang terdiri dari 43 siswa sebagai kelas eksperimen dan 44 siswa sebagai kelas kontrol. Tehnik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket, metode tes, dan metode dokumentasi. Tehnik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya menggunakan uji prasyarat analisis dengan metode Lilliefors untuk uji normalitas dan metode Bartlett untuk uji homogenitas. Sebagai tindak lanjut dari analisis variansi dilakukan uji Scheffe. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5% disimpulkan bahwa: (1) ada pengaruh yang signifikan penggunaan strategi pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika, dengan nilai Fa = 17.844, (2) ada pengaruh yang signifikan prestasi belajar matematika ditinjau dari motivasi berprestasi siswa, dengan nilai Fb = 19.117, (3) tidak ada interaksi penggunaan strategi pembelajaran ditinjau dari motivasi berprestasi siswa terhadap prestasi belajar matematika, dengan nilai Fab = 0.906.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A410/2011-010
Uncontrolled Keywords: Strategi - Pembelajaran, Motivasi - Berprestasi, Prestasi - Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 20 Apr 2011 09:17
Last Modified: 28 Apr 2011 03:40
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11741

Actions (login required)

View Item View Item