Strategi Kepala Sekolah Dalam Membangun Kepercayaan Masyarakat Di Smp Muhammadiyah 1 Gatak

Wulandari, Romadona Antika and , Istanto, S.Pd.I, M.Pd, (2023) Strategi Kepala Sekolah Dalam Membangun Kepercayaan Masyarakat Di Smp Muhammadiyah 1 Gatak. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASPUB ROMA.pdf

Download (149kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
cover.pdf

Download (772kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (347kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (561kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (684kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (349kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (290kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (400kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
Surat Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kepercayaan masyarakat kepada SMP Muhammadiyah 1 Gatak kurang. Hal ini dikarenakan SMP Muhammadiyah 1 Gatak dikenal dengan nama SMP Sorosawu dan sebelumnya terkenal dengan siswanya yang kurang baik. Hal ini mendorong kepala sekolah SMP Muhammadiyah 1 Gatak untuk merancang strategi guna membangun kembali kepercayaan masyarakat di SMP Muhammadiyah 1 Gatak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi kepala sekolah dalam membangun kepercayaan masyarakat dan mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat strategi kepala sekolah dalam membangun kepercayaan masyarakat di SMP Muhammadiyah 1 Gatak. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan studi dokumen. Teknik keabsahan data yang digunakan oleh peneliti yaitu triangulasi sumber dan teknik. Kemudian, teknik analisis data yang dipakai adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi kepala sekolah dalam membangun kepercayaan kepercayaan masyarakat di SMP Muhammadiyah 1 Gatak adalah dengan mengembangkan kualitas siswa melalui program keagamaan dan pembiasaan baik yaitu program tahfidz Al-Qur’an, Pesantren Siswa (PENSIS), salat berjamaah, salat duha, doa pagi dan infaq rutin serta pembiasaan 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan dan Santun). Kemudian, meningkatkan kualitas guru melalui IHT (In House Training), MGMP pemerintah pusat dan Muhammadiyah, pembinaan rutin terhadap guru, dan pengembangan diri melalui belajar mandiri dan memberikan teladan kepada siswa. Melibatkan masyarakat dalam kegiatan sekolah seperti mengundang tokoh masyarakat, kunjungan industri, bekerja sama dengan lembaga pemerintah. Kontribusi terhadap masyarakat seperti bagi-bagi sembako, takjil dan daging kurban, serta LPJ (Laskar Penyolat jenazah). Adapun faktor pendukung adalah semangat guru, program sekolah, siswa yang memiliki kemauan, ketersediaan sarana dan prasarana, dan dukungan orang tua. Sedangkan faktor penghambat adalah keterbatasan jumlah guru, input siswa yang rendah, dana/anggaran sekolah dan turunnya kepercayaan masyarakatPenelitian ini dilatarbelakangi oleh kepercayaan masyarakat kepada SMP Muhammadiyah 1 Gatak kurang. Hal ini dikarenakan SMP Muhammadiyah 1 Gatak dikenal dengan nama SMP Sorosawu dan sebelumnya terkenal dengan siswanya yang kurang baik. Hal ini mendorong kepala sekolah SMP Muhammadiyah 1 Gatak untuk merancang strategi guna membangun kembali kepercayaan masyarakat di SMP Muhammadiyah 1 Gatak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi kepala sekolah dalam membangun kepercayaan masyarakat dan mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat strategi kepala sekolah dalam membangun kepercayaan masyarakat di SMP Muhammadiyah 1 Gatak. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan studi dokumen. Teknik keabsahan data yang digunakan oleh peneliti yaitu triangulasi sumber dan teknik. Kemudian, teknik analisis data yang dipakai adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi kepala sekolah dalam membangun kepercayaan kepercayaan masyarakat di SMP Muhammadiyah 1 Gatak adalah dengan mengembangkan kualitas siswa melalui program keagamaan dan pembiasaan baik yaitu program tahfidz Al-Qur’an, Pesantren Siswa (PENSIS), salat berjamaah, salat duha, doa pagi dan infaq rutin serta pembiasaan 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan dan Santun). Kemudian, meningkatkan kualitas guru melalui IHT (In House Training), MGMP pemerintah pusat dan Muhammadiyah, pembinaan rutin terhadap guru, dan pengembangan diri melalui belajar mandiri dan memberikan teladan kepada siswa. Melibatkan masyarakat dalam kegiatan sekolah seperti mengundang tokoh masyarakat, kunjungan industri, bekerja sama dengan lembaga pemerintah. Kontribusi terhadap masyarakat seperti bagi-bagi sembako, takjil dan daging kurban, serta LPJ (Laskar Penyolat jenazah). Adapun faktor pendukung adalah semangat guru, program sekolah, siswa yang memiliki kemauan, ketersediaan sarana dan prasarana, dan dukungan orang tua. Sedangkan faktor penghambat adalah keterbatasan jumlah guru, input siswa yang rendah, dana/anggaran sekolah dan turunnya kepercayaan masyarakat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: strategi, kepala sekolah, kepercayaan masyarakat
Subjects: B Philosophy (General); Religion > BA Islamic > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: ROMADONA ANTIKA WULANDARI
Date Deposited: 04 Oct 2023 09:10
Last Modified: 04 Oct 2023 09:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/117321

Actions (login required)

View Item View Item