SARI , HERLINA KUMALA (2011) PENINGKATAN PARTISIPASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (PTK di SMPN 3 Colomadu Pada Pokok Bahasan Lingkaran Kelas VIII Tahun 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (378kB) |
|
|
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf Download (50kB) |
|
PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (428kB) |
||
PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (155kB) |
||
PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (236kB) |
||
PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (38kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (53kB) |
|
PDF (Lampiran )
9._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan partisipasi dan prestasi belajar siswa kelas VIII pada proses pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran missouri mathematic project pada pokok bahasan lingkaran. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII G SMP Negeri 3 Colomadu tahun ajaran 2010/2011 dengan jumlah siswa 36. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi . Teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan secara diskriptif kualitatif. Analisis diskriptif kualitatif dilaksanakan dengan metode alur. Data dianalisis sejak tindakan pembelajaran, setiap tindakan selama tiga putaran. Hasil penelitian ini yaitu: 1) ada peningkatan partisipasi belajar siswa pada pembelajaran matematika pada pokok bahasan lingkaran. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang: a) menjawab pertanyaan sebelum tindakan 8,57% dan setelah tindakan 33,33%, b) mengajukan pertanyaan, ide atau tanggapan sebelum tindakan 5,71% dan setelah tindakan 27,77%, c) berani maju di depan kelas sebelum tindakan 11,42% dan setelah tindakan 41,66%, d) membuat kesimpulan secara benar dari materi sebelum tindakan 45,71% setelah tindakan 88,88% 2) ada peningkatan prestasi belajar siswa, hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang: a) lulus KKM (≥65) sebelum tindakan 51,42% dan setelah tindakan 97,22%. b) diatas rata-rata kelas sebelum tindakan 42,85 % dan setelah tindakan 50%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran missouri mathematic project dapat meningkatkan partisipasi dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | partisipasi, prestasi-belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 20 Apr 2011 08:29 |
Last Modified: | 20 Apr 2011 08:29 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11723 |
Actions (login required)
View Item |