Nilai-Nilai Multikulturalisme Dalam Tafsir Al-Qur’an Dan Pendidikan Agama Islam Kontemporer (Studi Tafsir The Glorious Qur’an dan The Message of Qur’an dan Relevansinya Dengan Pendidikan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan di Universitas Muhammadiyah Surakarta)

Mahmud, Abdullah and , Prof. Zamroni, Ph. D and , Dr. Hamim Ilyas , MA (2023) Nilai-Nilai Multikulturalisme Dalam Tafsir Al-Qur’an Dan Pendidikan Agama Islam Kontemporer (Studi Tafsir The Glorious Qur’an dan The Message of Qur’an dan Relevansinya Dengan Pendidikan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan di Universitas Muhammadiyah Surakarta). Disertasi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Ringkasan Disertasi)
RINGKASAN DISERTASI 8 agustus 2023.pdf

Download (708kB)

Abstract

al Qur'an adalah sebuah kitab suci yang mengandung nilai-nilai bagi kehidupan umat manusia. Salah satu nilai itu adalah pluralitas (kemajemukan) di alam semesta khususnya pada manusia. Kehidupan yang majemuk mengharuskan manusia menciptakan tata kehidupan yamg yang aman dan damai dalam satu ko-eksistensi. bina dalami dalam kehidupan manusia yang interaktif perlu diinisiasi dengan sikap saling memahami, mehhormati, menghargai yang terbingkai dalam wadah multilulturalisme. Lembaga pendidikan sebagai agent of change sehatusnya menjadi pelopor bagi terciptanya kehidupan multukultural secara horizontal maupun vertikal. Pendidikan yang tren belakangan adalah pendidikan multikultural yakni proses pengembangan seluruh potensi manusia yang menghargai pluralitas dan heterogenitasnya sebagai konsekuensi keragaman budaya, etnis, suku, golongan dan 9aliran) agama. Penelitian ini fokus pada masalah kemanusiaan dan pendidikan dalam konteks pluralisme dan multikulturalidme. Al=Qur'an memiliki ajaran yang memandang semua manusia adalah sama dab sederajat, sementara pendidikan multilultural menekankan kesamaan dan kesetaraan dalam dunia pendidikan par excellence. pendidkan multikultural menekankan sebuah filosofi pluralisme budaya ke dalam sistem pendidikan yang didasarkan apda equality manusia dengan menjunjung tnggi sikap=sikap toleransi, apresiasi, rekognisi dan resiprokal

Item Type: Thesis (Disertasi)
Uncontrolled Keywords: pendidikan Multikulturalisme, Tafsir Al Qur'an
Subjects: B Philosophy (General); Religion > BA Islamic > Ilmu Tafsir
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > S3 Pendidikan Islam
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 11 Sep 2023 04:01
Last Modified: 11 Sep 2023 04:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/117158

Actions (login required)

View Item View Item