SUSILO, FERY JOKO (2010) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING(CPS) DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN KEBERANIAN SISWA MENGERJAKAN SOAL-SOALLATIHAN DI DEPAN KELAS (PTKpada Siswa KelasVIISMPNegeri 3ColomaduTahun Ajaran 2009/2010). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (2MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (109kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (191kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (150kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (199kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (125kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (332kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran-lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keberanian dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan alat peraga melalui pendekatan creative problem solving(CPS) pada bangun datar persegi panjang dan persegi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas VII CSMP Negeri 3 Colomadutahun ajaran 2009/2010 sebanyak 40siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara diskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian adalah; 1) keberanian siswa meningkat meliputi aspek:a) siswa yang menanyakan materi yang belum jelassebelum tindakan(17,5 %), setelahtindakan (60%), b) siswa yang menjawab pertanyaan dari guru atau siswa lainsebelum tindakan(30%), sesudah tindakan (55%), c) siswa yang mengemukakan ide atau gagasan sebelum tindakan (20%),sesudah tindakan (52,5 %), d) siswa yang mengerjakan soal latihan didepan kelassebelum tindakan(12,5%)sesudah tindakan (50%), 2) prestasi belajar siswa meningkat, sebelum tindakan sebesar 23siswa (57,5 %) memiliki nilai ≥ 65 dan diakhir tindakan 32 siswa (80%) siswa memiliki nilai ≥ 65. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan pendekatan Creative Problem Solving (CPS) dengan menggunakan alat peraga dapat meningkatkan keberaniandan prestasi belajar matematika siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keberanian, prestasi-belajar,alat-peraga, metode-pembelajaran. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 20 Apr 2011 05:52 |
Last Modified: | 20 Apr 2011 05:52 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11709 |
Actions (login required)
View Item |