SAPUTRA, NIWA ADHE (2011) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DAN NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SOAL CERITA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 COLOMADU. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf Download (858kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (22kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (223kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (235kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (325kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (63kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf Download (31kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (703kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk:1) Untuk menganalisis dan menguji pengaruh pendekatan Group Investigation dan Numbered Heads Together terhadap kemampuan pemecahan masalah soal cerita, 2) Untuk menganalisis dan menguji pengaruh pendekatan Group Investigation dan Numbered Heads Together terhadap kemampuan pemecahan masalah soal cerita ditinjau dari kemampuan awal siswa, 3) Untuk menganalisis dan menguji interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap kemampuan masalah soal cerita. Populasi penelitian ini adalah kelas VII semester II SMP Negeri 2 Colomadu tahun ajaran 2009 / 2010. Sampel digunakan dan diambil dengan cara cluster random sampling dengan cara undian dan hasil dari teknik ini adalah kelas VII B sebagai kelas eksperimen VII A sebagai kelas kontrol dan kelasVII C sebagai kelas uji coba. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam kelas ini adalah metode tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalur dengan sel tak sama yang sebelumnya dilakukan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Ada pengaruh pendekatan pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah soal cerita dengan α= 5%. Berarti penggunaan pendekatan pembelajaran GI dan NHT mempengaruhi kemampuan pemecahan soal cerita. 2) Ada pengaruh yang signifikasi kemampuan awal tinggi, sedang, maupun rendah terhadap kemampuan pemecahan masalah soal cerita dengan α= 5%. Berarti kemampuan awal siswa mempengaruhi kemampuan pemecahan soal cerita. 3) Tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah soal cerita dengan α= 5%. Berarti tidak ada interaksi antara kemampuan pemecahan masalah soal cerita antara siswa yang diberikan pengajaran dengan pendekatan pembelajaran GI dan pendekatan pembelajaran NHT
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Group Investigation, Numbered Heads Together, Kemampuan Awal, Pemecahan Masalah |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 20 Apr 2011 05:38 |
Last Modified: | 20 Apr 2011 05:38 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11705 |
Actions (login required)
View Item |