PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI DENGAN METODE KOLABORATIF DI SMK AL-ISLAM KELAS X DONOYUDAN KALIJAMBE SRAGEN

Sugiyanto, Sugiyanto (2008) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI DENGAN METODE KOLABORATIF DI SMK AL-ISLAM KELAS X DONOYUDAN KALIJAMBE SRAGEN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A310040088.pdf

Download (57kB)
[img] PDF
A310040088.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa melalui model pembelajaran kolaboratif dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi. Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas X SMK Al Islam yang berjumlah 25 siswa. Subjek pelaksanaan tindakan adalah peneliti untuk menganalisis setiap siklus untuk mengetahui hasil dari pekerjaan siswa setelah diketahui hasilnya dikelompokkan jumlah siswa yang berhasil dibagi dengan jumlah siswa keseluruhan dan dikalikan seratus, sedangkan subjek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data adalah guru kelas dan kepala sekolah, data dikumpulkan melalui observasi, tes, catatan lapangan. Analisis data secara deskripsi kualitatif dilakukan dengan metode alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menulis karangan deskripsi dalam membuat karangan deskripsi dari 72,5% sebelum tindakan menjadi 90% pada akhir tindakan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran kolaboratif dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis karangan deskriptif.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan menulis karangan deskriptif, metode pembelajaran kolaboratif.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 23 Apr 2009 02:01
Last Modified: 31 Jan 2011 05:51
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1170

Actions (login required)

View Item View Item