LESTARI, DIYAH PUJI (2010) KESULITAN-KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI KETILENG 03 TODANAN-BLORA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (599kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (931kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (838kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (361kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (160kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran-lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Penelitianini bertujuan untuk mendiskripsikan kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita : 1) memahami apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan dari soal cerita; 2) mengubah soal matematika dan bentuk model- model matematika; 3) menerapkan konsep-konsep yang telah dipelajari dalam soal cerita; 4) membuat pemecahan masalah dari soal matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif. Dari analisis data diperoleh bahwa: 1) kesulitan siswa dalam memahami apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan dalam soal cerita matematika terletak pada kemampuan siswa dalam memahami dan mengerti bahasa yang digunakan dalam soal; 2) kesulitan mengubah soal matematika ke bentuk model matematika terletak pada kemampuan siswa dalam menterjemahkan persoalan sehari-hari ke dalam bahasa matematika; 3) kesulitan dalam menerapkan konsep yang dipelajari dalam soal cerita yaitu terletak pada kemampuan siswa dalam penggunaan dan penerapan konsep kedalam soal cerita; 4) kesulitan dalam membuat memecahkan masalah dalam soal cerita terletak pada kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita dengan langkah-langkah yang benar. Jadi diharapkan dengan mengetahui kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita lebih awal maka dapat dicari solusi dari kesulitan tersebut.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | konsep-model-observasi-rumus-solusi. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 20 Apr 2011 02:50 |
Last Modified: | 20 Apr 2011 02:53 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11686 |
Actions (login required)
View Item |