Utama, Qashas and , Ahmad Chamsudin, S.T., M.Eng (2023) Perancangan Media Pembelajaran Game Edukasi Aksara Sumbawa Satera Jontal Berbasis Android. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi - Qhasas.pdf Download (445kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman Depan - Qhasas.pdf Download (523kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I - Qhasas.pdf Download (140kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II - Qhasas.pdf Restricted to Repository staff only Download (185kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III - Qhasas.pdf Restricted to Repository staff only Download (536kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV - Qhasas.pdf Restricted to Repository staff only Download (652kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V - Qhasas.pdf Restricted to Repository staff only Download (134kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka - Qhasas.pdf Download (133kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran - Qhasas.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
Surat-Pernyataan-Publikasi-02-03-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (280kB) |
Abstract
Aksara Sumbawa atau biasa disebut dengan Satera Jontal adalah salah satu dari banyaknya warisan budaya di Indonesia yang harus tetap dilestarikan. Satera Jontal merupakan budaya etnis Sumbawa yang diwujudkan dalam bentuk lambang, kemudian tiap-tiap lambang tersebut memiliki makna tersendiri. Satera Jontal diambil dari kata sastra dalam bahasa Indonesia dan jontal karena tulisan ini banyak ditulis adiatas jontal (daun lontar). Usaha�usaha untuk melestarikannya sudah ada anamun mengalami kendala, salah satunya yaitu keterbatasan media yang ada. Di sekolah siswa hanya belajar menggunakan media buku dan papan tulis saja serta metode pembelajaran yang digunakan masih secara konvensional sehingga perlu adanya media pembelajaran baru untuk menjadi alternatif agar guru dapat memiliki variasi pada saat pembelajaran di kelas. Media ini diuji cobakan kepada ahli media, ahli materi dan siswa. Yang pertama diuji cobakan kepada 3 dosen Universitas Muhammadiyah Surakarta hasilnya yaitu hasil rata-rata koefisien V ahli media sebesar 0,725 yang dinyatakan valid. Uji coba kedua kepada 1 guru pengampu mata pelajaran muatan lokal SMA Negeri 4 Sumbawa Besar mendapatkan nilai hasil rata-rata koefisien V ahli materi sebesar 0,83 yang dinyatakan valid. Hasil pengujian yang dilakukan kepada 25 responden/siswa sma didapatkan nilai rata-rata sebesar 78 yang masuk dalam kategori “Layak”.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Game Edukasi, Satera Jontal, Media Pembelajaran, Android |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education > LC5601 Informatics Education T Technology > TZ Technical Information > Software. Aplication |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika |
Depositing User: | QASHASH UTAMA |
Date Deposited: | 22 Aug 2023 01:53 |
Last Modified: | 22 Aug 2023 01:54 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/116804 |
Actions (login required)
View Item |