Perancangan Media Pembelajaran Game Edukasi Aksara Sumbawa Satera Jontal Berbasis Android

Utama, Qashas and , Ahmad Chamsudin, S.T., M.Eng (2023) Perancangan Media Pembelajaran Game Edukasi Aksara Sumbawa Satera Jontal Berbasis Android. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi - Qhasas.pdf

Download (445kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
Halaman Depan - Qhasas.pdf

Download (523kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I - Qhasas.pdf

Download (140kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II - Qhasas.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III - Qhasas.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (536kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV - Qhasas.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (652kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V - Qhasas.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka - Qhasas.pdf

Download (133kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran - Qhasas.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
Surat-Pernyataan-Publikasi-02-03-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (280kB)

Abstract

Aksara Sumbawa atau biasa disebut dengan Satera Jontal adalah salah satu dari banyaknya warisan budaya di Indonesia yang harus tetap dilestarikan. Satera Jontal merupakan budaya etnis Sumbawa yang diwujudkan dalam bentuk lambang, kemudian tiap-tiap lambang tersebut memiliki makna tersendiri. Satera Jontal diambil dari kata sastra dalam bahasa Indonesia dan jontal karena tulisan ini banyak ditulis adiatas jontal (daun lontar). Usaha�usaha untuk melestarikannya sudah ada anamun mengalami kendala, salah satunya yaitu keterbatasan media yang ada. Di sekolah siswa hanya belajar menggunakan media buku dan papan tulis saja serta metode pembelajaran yang digunakan masih secara konvensional sehingga perlu adanya media pembelajaran baru untuk menjadi alternatif agar guru dapat memiliki variasi pada saat pembelajaran di kelas. Media ini diuji cobakan kepada ahli media, ahli materi dan siswa. Yang pertama diuji cobakan kepada 3 dosen Universitas Muhammadiyah Surakarta hasilnya yaitu hasil rata-rata koefisien V ahli media sebesar 0,725 yang dinyatakan valid. Uji coba kedua kepada 1 guru pengampu mata pelajaran muatan lokal SMA Negeri 4 Sumbawa Besar mendapatkan nilai hasil rata-rata koefisien V ahli materi sebesar 0,83 yang dinyatakan valid. Hasil pengujian yang dilakukan kepada 25 responden/siswa sma didapatkan nilai rata-rata sebesar 78 yang masuk dalam kategori “Layak”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Game Edukasi, Satera Jontal, Media Pembelajaran, Android
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education > LC5601 Informatics Education
T Technology > TZ Technical Information > Software. Aplication
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: QASHASH UTAMA
Date Deposited: 22 Aug 2023 01:53
Last Modified: 22 Aug 2023 01:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/116804

Actions (login required)

View Item View Item