PENINGKATAN ANTUSIASME SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE PARTICIPATORY LEARNING PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI DATAR (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VIII SMP Negeri 6 Wonogiri)

KUSTANTO , FREDY (2010) PENINGKATAN ANTUSIASME SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE PARTICIPATORY LEARNING PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI DATAR (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VIII SMP Negeri 6 Wonogiri). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Bab I)
COVER_+_BAB_I.pdf

Download (39kB)
[img] PDF (Keseluruhan)
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan proses pembelajaran matematika dan mengetahui peningkatan antusiasme siswa dalam pembelajaran matematika melalui metode participatory learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-B SMP Negeri 6 Wonogiri yang berjumlah 32 siswa dan obyek penelitian ini adalah antusiasme siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara diskriptif dengan analisis interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan antusiasme siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari : 1) siswa yang merespon pelajaran, sebelum tindakan sebesar 12,5%, sesudah tindakan naik menjadi 53,125%, 2) siswa yang memperhatikan pelajaran, sebelum tindakan sebesar 31,25%, sesudah tindakan naik menjadi 78,125%, 3) siswa yang berkonsentrasi dalam pelajaran, sebelum tindakan sebesar 37,5%, sesudah tindakan naik menjadi 84,375%, 4) kemauan siswa dalam pelajaran, sebelum tindakan sebesar 34,375%, sesudah tindakan naik menjadi 71,875%, 5) kesadaran siswa dalam pelajaran, sebelum tidakan sebesar 25%, sesudah tindakan naik menjadi 68,75%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode participatory learning dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan antusiasme siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A410/2011-022
Uncontrolled Keywords: antusiasme, pembelajaran.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 19 Apr 2011 09:59
Last Modified: 28 Apr 2011 04:34
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11673

Actions (login required)

View Item View Item