PEMBELAJARAN BERBASIS APTITUDE TREATMENT INTERACTION (ATI) UNTUK PENINGKATAN MOTIVASI DAN KOMUNIKASI BELAJAR MATEMATIKA PADA GARIS SINGGUNG LINGKARAN ( PTK di Kelas VIII SMP NEGERI 22 SURAKARTA )

SURYANTO , ARIFIN EKO (2010) PEMBELAJARAN BERBASIS APTITUDE TREATMENT INTERACTION (ATI) UNTUK PENINGKATAN MOTIVASI DAN KOMUNIKASI BELAJAR MATEMATIKA PADA GARIS SINGGUNG LINGKARAN ( PTK di Kelas VIII SMP NEGERI 22 SURAKARTA ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Bab I)
Cover+BAB_I.pdf

Download (80kB)
[img] PDF (Keseluruhan)
skripsi_lengkap.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) untuk mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar matematika pada garis singgung lingkaran siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Surakarta, 2) untuk mendeskripsikan peningkatan komunikasi matematika pada garis singgung lingkaran siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Surakarta, 3) untuk mendeskripsikan peningkatan prestasi akademik matematika pada garis singgung lingkaran siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Surakarta melalui strategi pembelajaran berbasis Aptitude Treatment Interaction (ATI). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan melalui proses kolaborasi antara Kepala Sekolah, guru matematika SMP Negeri 22 Surakarta dan peneliti. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII F SMP Negeri 22 Surakarta yang berjumlah 36 siswa dan subyek pelaksana tindakan adalah peneliti yang dibantu guru matematika. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) peningkatan motivasi belajar matematika dilihat dari a) kesiapan mengikuti pelajaran sebelum tindakan 44,44% setelah tindakan 94,44%, b) memperhatikan penjelasan guru sebelum tindakan 50% setelah tindakan 91,67%, c) mengerjakan soal latihan sebelum tindakan 41,67% setelah tindakan 94,44%, 2) peningkatan komunikasi belajar matematika dilihat dari a) mengajukan ide sebelum tindakan 5,56% setelah tindakan 72,22% b) memberikan komentar sebelum tindakan 27,78% setelah tindakan 66,67% c) bertanya sebelum tindakan 13,89 % setelah tindakan 55,56% d) menyetujui ide sebelum tindakan 27,78% setelah tindakan 94,44%, 3) peningkatan prestasi belajar matematika sebelum tindakan yang mencapai batas KKM sebesar 13,89% setelah tindakan 91,67%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran berbasis Aptitude Treatment Interaction (ATI) 1) dapat meningkatkan motivasi belajar matematika pada garis singgung lingkaran 2) dapat meningkatkan komunikasi matematika pada garis singgung lingkaran 3) dapat meningkatkan prestasi belajar matematika pada garis singgung lingkaran di SMP.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A410/2011-019
Uncontrolled Keywords: strategi pembelajaran berbasis Aptitude Treatment Interaction (ATI), motivasi belajar matematika, komunikasi matematika, prestasi akademik.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 19 Apr 2011 09:45
Last Modified: 28 Apr 2011 04:39
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11668

Actions (login required)

View Item View Item