Pengaruh Ukuran Perusahaan Dan Struktur Kepemilikan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2018-2020)

Fauziyah, Hayya Nabila and , Drs. Suyatmin Waskito Adi, M.Si (2023) Pengaruh Ukuran Perusahaan Dan Struktur Kepemilikan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2018-2020). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (323kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (365kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (498kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (533kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (327kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (633kB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
Surat Pernyataan Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (465kB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
hayya_NASKAH PUBLIKASI-16.pdf

Download (3MB)

Abstract

Perusahaan harus bertanggung jawab terhadap dampak yang mereka sebabkan dari operasional bisnis yang dijalankan. Pelaksanaan dan pengungkapan corporate social responsibility merupakan salah satu bentuk tanggung jawab perusahaan terhadap dampak yang disebabkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah ukuran perusahaan, kepemilikan institusional, kepemilikan publik dan kepemilikan manajerial berpengaruh terhadap pengungkapan corporate social responsibility pada perusahaan manufaktur industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2018-2020. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling sesuai kriteria yang telah ditentukan. Jumlah sampel yang terkumpul sebanyak 23 perusahaan setiap tahunnya dan jumlah keseluruhan sampel adalah 69. Data yang telah dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis data dengan melakukan pengujian asumsi klasik terlebih dahulu sebelum melakukan pengujian hipotesis. Pengujian hipotesis yang dilakukan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan uji t, uji f dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel ukuran perusahaan, kepemilikan institusional dan kepemilikan publik berpengaruh terhadap pengungkapan corporate social responsibility. Hal ini menunjukkan bahwa ukuran perusahaan, kepemilikan institusional dan kepemilikan publik dapat mempengaruhi besar kecilnya pengungkapan corporate social responsibility pada perusahaan manufaktur industri barang konsumsi. Sedangkan variabel kepemilikan manajerial tidak berpengaruh terhadap pengungkapan corporate social responsibility. Hal ini berarti variabel kepemilikan manajerial tidak mempengaruhi besar kecilnya pengungkapan corporate social responsibility pada perusahaan manufaktur industri barang konsumsi yang terdaftar di BEI.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Corporate Social Responsibility (CSR), Ukuran Perusahaan, Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Publik, Kepemilikan Manajerial
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: HAYYA NABILA FAUZIYAH
Date Deposited: 21 Aug 2023 07:09
Last Modified: 21 Aug 2023 07:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/116609

Actions (login required)

View Item View Item