ANALISIS PENCAPAIAN KOMPETENSI KOGNITIF DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA BANGUN DATAR PADA SISWA RINTISAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL (RSBI) SMP NEGERI 1 PURWODADI

IRMAWATI , RETNO PUJI (2010) ANALISIS PENCAPAIAN KOMPETENSI KOGNITIF DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA BANGUN DATAR PADA SISWA RINTISAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL (RSBI) SMP NEGERI 1 PURWODADI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Bab I)
COVER_+_BAB_I.pdf

Download (74kB)
[img] PDF (Keseluruhan)
SKRIPSI_Retno_Puji_Irmawati_A_410_060_072.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) proses pelaksanaan pembelajaran matematika SMP RSBI, (2) presentase tingkat pencapaian kompetensi kognitif, (3) kesulitan yang dialami siswa dalam pencapaian kompetensi kognitif, (4) cara mengatasi kesulitan yang muncul dalam proses pembelajartan matematika pada siswa RSBI SMP Negeri 1 Purwodadi. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Purwodadi yang telah memiliki kelas RSBI pada tahun 2010 semester 2 dengan subjek seluruh siswa kelas VIIG RSBI yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan secara deskriptif kualitatif. Untuk menjamin keabsahan data digunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian (1) proses pelaksanaan pembelajaran matematika siswa RSBI melalui 3 tahap yaitu tahap pertama pendahuluan yaitu guru membuat RPP, mempersiapkan metode dan memberi motivasi pada siswa; tahap kedua inti yaitu penyampaian materi pembelajaran; dan tahap ketiga penutup yaitu guru memberikan kesimpulan dan penilaian, (2) persentase tingkat pencapaian kompetensi kognitif sebesar 82 %, (3) kesulitan yang dialami siswa dalam pencapaian kompetensi kognitif yaitu mengubah kalimat matematika ke dalam bentuk bahasa Inggris sebaliknya dari bahasa Inggris diubah menjadi kalimat matematika, (4) cara mengatasi kesulitan yang muncul dalam proses pembelajaran matematika pada siswa RSBI yaitu menggunakan buku panduan bilingual Yudhistira yang berisi Planes meliputi triangle, dan quadrilaterals. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika bangun datar pada siswa Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) SMP Negeri 1 Purwodadi berjalan baik, namun masih diperlukan adanya kekonsistenan semangat guru dalam mengajar dan kemampuan guru dalam bahasa Inggris serta fasilitas sarana dan prasarana penunjang pembelajaran harus dioptimalkan penggunaannya serta referensi buku yang maksimal.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A410/2011-011
Uncontrolled Keywords: Kognitif, Pembelajaran, Kesulitan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 19 Apr 2011 07:58
Last Modified: 28 Apr 2011 03:26
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11634

Actions (login required)

View Item View Item