UTAMI, CATUR IDA (2011) PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENYIMAK DENGAN METODE BERCERITA BERBASIS GAMBAR DI TAMAN KANAK-KANAK SAPEN I KECAMATAN MOJOLABAN SUKOHARJO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
2_HAL_DEPAN.pdf Download (214kB) |
|
|
PDF (Bab I)
3_BAB_I.pdf Download (50kB) |
|
PDF (Bab II)
4_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (128kB) |
||
PDF (Bab III)
5_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (47kB) |
||
PDF (Bab IV)
6_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (235kB) |
||
PDF (Bab V)
7_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
8_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (52kB) |
|
PDF (Lampiran)
9_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (726kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: (1) Implementasi pembelajaran kemampuan menyimak dengan metode bercerita, (2) Hasil pembelajaran kemampuan menyimak dengan metode bercerita, (3) manfaat yang dapat diambil dari pembelajaran kemampuan menyimak dengan metode bercerita. Objek penelitian ini adalah pembelajaran keterampilan menyimak di TK Jatipuro II. Sumber data diperoleh dari guru kelas, seluruh siswa TK Jatipuro II, dan naskah cerita. Data dalam penelitian ini adalah kata-kata maupun tindakan hasil pengamatan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, display data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian ini sebagai berikut: (1) Implementasi pembelajaran kemampuan menyimak menggunakan teknik dramatisasi dan alat peraga, dalam hal ini penggunaan alat peraga lebih efektif untuk mencapai tujuan yang diharapkan. (2) siswa yang dapat menceritakan kembali berturut-turut dari pertemuan pertama sampai ketiga adalah 3 siswa, 14 siswa, dan 18 siswa. Cerita yang dibawakan siswasiswa tersebut sesuai dengan tema cerita (3) manfaat yang dapat diambil dari pembelajaran kemampuan menyimak antara lain: pada umumnya anak-anak senang dengan kegiatan bercerita; guru dapat mengkomunikasikan bermacam-macam ide melalui kegiatan bercerita; kegiatan bercerita dapat melatih siswa untuk mendengarkan dan menjadi penyimak yang kritis dan kreatif; guru dapat menjalin keakraban dengan siswa-siswa melalui kegiatan bercerita; guru dapat lebih mengenal karakter siswanya; dan tidak memerlukan biaya yang besar.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran, Kemampuan Menyimak, Metode Bercerita |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 18 Apr 2011 03:06 |
Last Modified: | 18 Apr 2011 03:06 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11561 |
Actions (login required)
View Item |