ANALISIS TULISAN PADA KAOS DAGADU TAHUN 2010 BERDASARKAN VARIASI BAHASA, TUJUAN DAN PERSEPSI MASYARAKAT DALAM KOMUNIKASI

INDERAYANI , ANITA (2010) ANALISIS TULISAN PADA KAOS DAGADU TAHUN 2010 BERDASARKAN VARIASI BAHASA, TUJUAN DAN PERSEPSI MASYARAKAT DALAM KOMUNIKASI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Bab I)
File_2._Cover_dan_BAB_I.pdf

Download (155kB)
[img] Rich Text (RTF) (Keseluruhan)
File_3._Abstrak_dan_Daftar_Pustaka.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan variasi bahasa, tujuan penulisan, dan persepsi masyarakat terhadap tulisan pada kaos Dagadu sebagai media komunikasi. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi dan wawancara. Teknik observasi digunakan untuk mendapatkan data yang berupa tulisan pada kaos Dagadu, sedangkan teknik wawancara digunakan untuk mendapatkan dara yang berupa persepsi masyarakat terhadap tulisan pada kaos Dagadu sebagai media komunikasi. Data dianalisis dengan menggunakan metode padan dengan teknik referensial, teknik ortografis, dan teknik pragmatis serta metode agih dengan teknik perluas dan teknik ganti. Adapun penyajian hasil analisis digunakan metode penyajian informal. Hasil penelitian ditemukan Variasi Bahasa Tulisan pada Kaos Dagadu, meliputi bahasa resmi (1 data), dan bahasa tidak resmi (8 data). Ciri-ciri bahasa resmi bahasanya baku, ejaan sesuai dengan EYD, dipakai dalam situasi resmi, sedangkan ciri-ciri bahasa tidak resmi bahasanya tidak baku, ejaan tidak sesuai EYD, dipakai dalam situasi tidak resmi. Tujuan Penulisan Wacana Tulis pada Kaos Dagadu meliputi; lelucon (2 data), terdapat dalam data 01 dan data 02, ancaman (1 data), terdapat dalam data 03, larangan (2 data), terdapat dalam data 04 dan data 05, ajakan (2 data), terdapat dalam data 06 dan 07, dan ejekan (2 data), terdapat dalam data 08 dan 09. Persepsi masyarakat terhadap tulisan pada kaos dagadu sebagai media komunikasi meliputi pesan positif dan pesan negatif. Pesan positif tidak mengunakan narkoba, tidak melanggar peraturan lalulintas, tidak protes, sedangkan pesan negatifnya dilarang menghina orang lain, selingkuh disembarang tempat, mengolok-olok orang lain dengan adanya tulisan goblok.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: variasi bahasa, tujuan penulisan, dan persepsi masyarakat.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 16 Apr 2011 06:04
Last Modified: 16 Apr 2011 06:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11559

Actions (login required)

View Item View Item