PERBANDINGAN METODE THINK – TALK - WRITE (TTW) DENGAN METODE INQUIRING MINDS WANT TO KNOW DALAM PENGAJARAN KALIMAT MAJEMUK SETARA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 SRAGEN TAHUN AJARAN 2010 / 2011

WIDIANTO, JOKO (2011) PERBANDINGAN METODE THINK – TALK - WRITE (TTW) DENGAN METODE INQUIRING MINDS WANT TO KNOW DALAM PENGAJARAN KALIMAT MAJEMUK SETARA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 SRAGEN TAHUN AJARAN 2010 / 2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER-ABSTRAK.pdf

Download (121kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran )
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pelaksanaan dan prestasi belajar dengan metode Think – Talk – Write ( TTW) dan Inquiring Minds Want to Know pada pengajaran kalimat majemuk setara. Sampel dalam penelitian ini, yaitu siswa kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIB sebagai kelas kontrol. Sebelum instrumen dikenakan pada sampel, maka diuji dahulu dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, bantu, dan wawancara. Sebelum dilakukan analisis data terlebih dahulu dilakukan uji varian matching untuk mengetahui bahwa kedua kelompok mempunyai rata-rata kemampuan awal yang sama. Selanjutnya analisis data dengan menggunakan rumus t-tes. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5 % dipenuhi bahwa : (1) terdapat perbedaan prestasi belajar antara siswa yang dikenai metode Think – Talk – Write ( TTW) dan siswa yang dikenai metode Inquiring Minds Want to Know dalam pengajaran kalimat majemuk setara bidang studi Bahasa Indonesia siswa kelas VIII semester 3 di SMP Negeri 3 Sragen tahun ajaran 2010/2011. Hal ini didasarkan dari analisis data menggunakan uji t-tes dengan tingkat signifikansi 5% diperoleh nilai thitung = 3,470 maka thitung > t0.025:64 = 1,960 dan (2) berdasarkan nilai rata-rata prestasi belajar menunjukkan bahwa siswa yang dikenakan metode pembelajaran Think- Talk-Write memiliki rata-rata prestasi belajar 76,30 dan siswa yang dikenakan motode pembelajaran Inquiring Minds Want to Know memiliki rata-rata prestasi belajar 72,48 dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata siswa yang dikenai metode TTW lebih baik dibandingkan dengan siswa yang dikenai metode Inquiring Minds Want to Know. Hal ini juga didukung pada pelaksanaan proses pembelajaran pada kelas yang diajar dengan metode TTW siswa cenderung lebih aktif dan kreatif dibandingkan dengan kelas yang diajar dengan metode Inquiring Minds Want to Know.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A310/2011-17
Uncontrolled Keywords: think – talk – write, inquiring minds want to know, dan prestasi belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 15 Apr 2011 08:06
Last Modified: 23 Apr 2011 03:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11544

Actions (login required)

View Item View Item