PENANAMAN DAN PENGEMBANGAN ASPEK PRESTASI DIRI DAN NILAI OPTIMISME DALAM FILM GARUDA DI DADAKU (Analisis Semiotika Terhadap Film Garuda di Dadaku)

NURHAYATI, FITRI (2011) PENANAMAN DAN PENGEMBANGAN ASPEK PRESTASI DIRI DAN NILAI OPTIMISME DALAM FILM GARUDA DI DADAKU (Analisis Semiotika Terhadap Film Garuda di Dadaku). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Bab I)
Cover_+_Bab_I.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Full Text)
Skripsi_Lengkap.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (343kB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penanaman dan pengembangan aspek prestasi diri dan nilai optimisme dalam film garuda di dadaku.. Latar belakang penelitian yaitu penanaman nilai dapat melalui media seperti film karena dalam film mengandung berbagai pesan yang diambil nilai positifnya salah satunya adalah film garuda di dadaku yang mengandung prestasi diri dan optimisme, prestasi sangat dibutuhkan oleh setiap orang untuk dapat membawa nama harum bangsa Indonesia, dalam berprestasi perlu didorong sikap optimisme yang mempunyai motivasi untuk berprestasi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, penyimakan dan mendengarkan setiap adegan dan dialog dalam film dan teknik catat. Prosedur dalam penelitian ini terdapat lima tahap yaitu tahap pra lapangan, tahap penelitian lapangan, observasi, analisis data dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah ada nilai prestasi diri dan nilai optimisme dalam film garuda di dadaku. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat empat indikator mengenai prestasi diri yang meliputi memiliki potensi atau bakat dalam hal olahraga khususnya sepakbola, mendapat bea siswa prestasi, diterima menjadi team nasional usia tiga belas dan berlaga melawan team dari negara lain, sedangkan untuk nilai optimisme terdapat delapan indikator yang meliputi percaya diri dan menerima kritik, usaha yang maksimal, latihan yang keras, berorientasi pada masa depan dan konsekuen, semangat dan bertanggung jawab, berorientasi pada cita-cita dan mampu mengelola waktu dengan baik.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A220/2011-002
Uncontrolled Keywords: prestasi diri, optimisme,dan semiotika,
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 15 Apr 2011 05:04
Last Modified: 18 Apr 2011 07:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11534

Actions (login required)

View Item View Item