WACANA PENDIDIKAN POLITIK MELALUI SATIRE POLITIK DALAM FILM ALANGKAH LUCUNYA NEGERI INI (Analisis Semiotik Terhadap Film Alangkah Lucunya Negeri Ini)

DARWATI, DARWATI (2011) WACANA PENDIDIKAN POLITIK MELALUI SATIRE POLITIK DALAM FILM ALANGKAH LUCUNYA NEGERI INI (Analisis Semiotik Terhadap Film Alangkah Lucunya Negeri Ini). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Judul.pdf

Download (194kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (117kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (557kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (82kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (367kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan profil film Alangkah Lucunya Negeri Ini, dan 2) untuk mendeskripsikan konstruksi wacana pendidikan politik melalui satire politik dalam Film Alangkah Lucunya Negeri Ini. Penelitian ini menggunakan sumber data place berupa keadaan bergerak atau benda bergerak yaitu DVD film Alangkah Lucunya Negeri Ini. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan studi pustaka. Penelitian ini menggunakan dua macam triangulasi, yang pertama triangulasi sumber data yang berupa informasi dari DVD dan dokumen yang memuat catatan yang berkaitan dengan data yang dimaksudkan. Kedua, triangulasi teknik atau metode pengumpulan data yang berasal dari hasil observasi, dokumentasi, dan studi pustaka. Metode penelitian ini menggunakan analisis semiotik. Analisis semiotik digunakan untuk mengungkap makna tanda-tanda yang terkandung dalam setiap adegan dan dialog yang berhubungan dengan wacana pendidikan politik melalui satire politik dalam film Alangkah Lucunya Negeri Ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Satire politik dalam film Alangkah Lucunya Negeri Ini disajikan secara lugas dan jelas; 2) Satire politik dalam film Alangkah Lucunya Negeri Ini dapat dibagi menjadi tiga kategori yaitu, satire politik pada koruptor, satire politik pada Dewan Perwakilan Rakyat, dan satire politik pada pemerintah.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A220/2011-003
Uncontrolled Keywords: Film Alangkah Lucunya Negeri Ini, Wacana Pendidikan Politik, Satire Politik, Analisis Semiotik.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 15 Apr 2011 04:51
Last Modified: 18 Apr 2011 07:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11530

Actions (login required)

View Item View Item