Perancangan Sistem Penilaian Praktikum Industri Kreatif Berbasis Outcome Based Education (OBE) (Studi Kasus: Praktikum Industri Kreatif Laboratorium Teknik Industri)

Driasetyawan, Ezra and , Ir. Ratnanto Fitriadi, S.T., M.T.) (2023) Perancangan Sistem Penilaian Praktikum Industri Kreatif Berbasis Outcome Based Education (OBE) (Studi Kasus: Praktikum Industri Kreatif Laboratorium Teknik Industri). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI_D600190090_Ezra Driasetyawan.pdf

Download (736kB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
Surat Pernyataan_Ezra Driasetyawan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (713kB)

Abstract

Laboratorium Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Surakarta merupakan tempat dimana proses praktikum mahasiswa Teknik Industri dilaksanakan. Dalam prosesnya terdapat beberapa sistem alur praktikum yang harus dilalui mahasiswa yang dibantu oleh Asisten yang akan mengarahkan praktikum dan memberikan nilai mahasiswa pada setiap alur prosesnya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk membuat pengembangan sistem penilaian berupa sebuah rancangan rubrik penilaian. Masalah yang sering terjadi pada saat proses praktikum terkait penilaian adalah perbedaan persepsi antar asisten terhadap kemampuan praktikan sehingga diperlukan rubrik penilaian yang terstruktur dengan baik berupa perancangan rubrik yang didasarkan pada Capaian Pembelajaran Lulusan dan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah dengan menggunakan metode Outcome Based Education. System OBE merupakan suatu pendekatan system Pendidikan yang menitik beratkan pada capaian pembelajaran dengan hasil akhir atau luaran yang terukur dan menerapkan prinsip P-D-C-A. Plan – Do – Check – Action. Prinsip yang membantu untuk perkembangan praktikum dengan evaluasi dan perbaikan untuk kedepannya. Objek penelitian ini adalah Praktikum Industri Kreatif. Pengumpulan data nantinya dilakukan dengan metode observasi secara langsung, kuesioner dan studi literatur terkait kajian yang berkaitan dengan permasalahan rubrik penilaian. Hasil perancangan rubrik ini berupa sistem penilaian berbasis OBE dengan konversi nilai periode sebelumnya untuk menghasilkan nilai yang sama dan output dari rancangan rubrik sistem penilaian praktikum yaitu chart output yang dapat memudahkan proses evaluasi dari Praktikum Industri Kreatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Rubrik Penilaian, Outcome Based Education, Siklus PDCA
Subjects: T Technology > TI Industrial Engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: EZRA DRIASETYAWAN
Date Deposited: 14 Aug 2023 04:28
Last Modified: 14 Aug 2023 04:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/115253

Actions (login required)

View Item View Item