PRASETYO, EKO (2011) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERMAIN JAWABAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PKn MATERI PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI DAN DASAR NEGARA PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 19 SURAKARTA TAHUN 2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Bab I)
Cover_dan_BAB_I.pdf Download (75kB) |
|
PDF (Full Text)
Skripsi.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembe-lajaran PKn materi Pancasila sebagai Ideologi dan Dasar Negara pada siswa kelas VIII D SMP Negeri 19 Surakarta tahun 2010 melalui penerapan strategi pembelajaran bermain jawaban. Keaktifan siswa sangat kurang sebelum diberikan tindakan kelas dan guru sudah mengupayakan alternatif pemecahannya, antara lain: menggunakan strategi pembelajaran diskusi, jigsaw, dan ceramah bervariasi. Hasilnya penerapan strategi pembelajaran tersebut belum mampu meningkatkan keaktifan siswa. Solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan strategi pembelajaran bermain jawaban. Subjek pelaksanaan tindakan adalah siswa kelas VIII D SMP Negeri 19 Surakarta yang berjumlah 37 siswa, kepala sekolah, guru PKn, serta peneliti. Data penelitian ini dikumpulkan melalui informan atau narasumber, tempat dan peristiwa berlangsungnya aktivitas pembelajaran. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi dan wawancara. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus. Penelitian tindakan kelas ini diharapkan dengan penerapan strategi pembelajaran bermain jawaban keaktifan siswa dalam proses pembelajaran PKn materi Pancasila sebagai Ideologi dan Dasar Negara pada siswa kelas VIII D SMP Negeri 19 Surakarta Tahun 2010 dapat meningkat minimal 70% dari 37 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat keaktifan siswa pada materi Pancasila sebagai Ideologi dan Dasar Negara kelas VIII D SMP Negeri 19 Surakarta Tahun 2010 yaitu dari yang aktif bertanya, berpendapat dan menjawab pertanyaan sebelum diadakan penelitian tindakan kelas adalah 8 siswa (21,62%). Setelah dilakukan tindakan yang telah disepakati yaitu dengan menerapkan strategi pembelajaran bermain jawaban, pada siklus I keaktifan siswa meningkat menjadi 20 siswa (54,06%) dan pada siklus II keaktifan siswa meningkat menjadi 29 siswa (78,37%). Berdasarkan data hasil penelitian tindakan kelas tersebut maka hipotesis tindakan yang menyatakan “Diduga dengan menerapkan Strategi Pembelajaran Bermain Jawaban mampu Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Proses Pembelajaran PKn Materi Pancasila sebagai Ideologi dan Dasar Negara pada Kelas VIII D SMP Negeri 19 Surakarta Tahun 2010” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | RAK A220/2011-011 |
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pembelajaran, Bermain Jawaban, Keaktifan Siswa, Pancasila sebagai Ideologi dan Dasar Negara |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 14 Apr 2011 05:16 |
Last Modified: | 18 Apr 2011 07:10 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11499 |
Actions (login required)
View Item |