PENGARUH PARTISIPASI PENYUSUNAN ANGGARAN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL DENGAN PELIMPAHAN WEWENANG SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Survey pada Rumah Sakit di Wilayah Eks Karesidenan Pati)

SULISTIYONINGSIH , SULISTIYONINGSIH (2007) PENGARUH PARTISIPASI PENYUSUNAN ANGGARAN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL DENGAN PELIMPAHAN WEWENANG SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Survey pada Rumah Sakit di Wilayah Eks Karesidenan Pati). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
A._Halaman_Depan.pdf

Download (97kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
B._BAB__I.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Bab II)
C._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img] PDF (Bab III)
D._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img] PDF (Bab IV)
E._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] PDF (Bab V)
F._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
G._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk menguji secara empiris pengaruh partisipasi penyusunan anggaran terhadap kinerja manajerial, 2) Untuk menguji seara empiris pengaruh pelimpahan wewenang yang terdesentralisasi maupun tersentralisasi terhadap hubungan partisipasi penyusunan anggaran dengan kinerja manajerial. Penelitian ini menggunakan metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah rumah sakit di wilayah Eks Karisidenan Pati. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan purposive sampling. Kriteria yang digunakan adalah manajer yang sudah pernah ikut secara langsung berpartisipasi dalam penyusunan anggaran. Pengujian hipotesis dilakukan dengan model analisis regresi berganda melalui uji t, uji f dan koefisien determinasi (R2 ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengujian hubungan antara partisipasi penyusunan anggaran dan kinerja manajerial diperoleh nilai thitung = 2,910 > ttabel = 2,042, partisipasi penyusunan anggaran berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja manajerial. Hasil uji hipotesis 1 terbukti. Pelimpahan wewenang memiliki nilai thitung = 2,949 > ttabel = 2,042, pelimpahan wewenang berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja manajerial. Pelimpahan wewenang yang tinggi kepada manajer tingkat bawah akan meningkatkan kinerja manajerial. Hasil pengujian interaksi partisipasi penyusunan anggaran dengan pelimpahan wewenang bersifat positif thitung = 3,217 > ttabel = 2,042, sehingga terdapat pengaruh yang signifikan interaksi antara partisipasi penyusunan anggaran dan pelimpahan wewenang terhadap kinerja manajerial. Hasil uji hipotesis 2 terbukti. Nilai F diperoleh sebesar 4,422 dengan Ftabel = 2,92 maka Fhitung > Ftabel, sehingga secara serentak variabel partisipasi penyusunan anggaran, pelimpahan wewenang dan interaksi antara partisipasi penyusunan anggaran dan pelimpahan wewenang berpengaruh terhadap kinerja manajerial. Hasil perhitungan koefisien determinasi diperoleh R2 = 0,243 yang berarti bahwa variabel partisipasi penyusunan anggaran, pelimpahan wewenang dan interaksi antara partisipasi penyusunan anggaran dan pelimpahan wewenang dapat menjelaskan kinerja manajerial sebesar 24,3% sisanya 75,7% dapat dijelaskan oleh variabel lain diluar penelitian.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi penyusunan anggaran, pelimpahan wewenang, kinerja manajerial.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 14 Apr 2011 05:03
Last Modified: 14 Apr 2011 05:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11497

Actions (login required)

View Item View Item