MIATUN, ARIS (2011) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CARD SORT BERVARIASI EBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PKn MATERI BUDAYA POLITIK DI INDONESIA PADA SISWA KELAS XI TKR 2 SMK MUHAMMADIYAH DELANGGU KLATEN TAHUN 2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Bab I)
Cover_dan_BAB_I.pdf Download (90kB) |
|
PDF (Full Text)
Skripsi.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Tujuan umum penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran PKn Materi Budaya Politik di Indonesia pada siswa kelas XI TKR 2 SMK Muhammadiyah Delanggu Klaten melalui penerapan strategi pembelajaran Card Sort bervariasi. Subjek pelaksanaan tindakan adalah siswa kelas XI TKR 2 SMK Muhammadiyah Delanggu Klaten yang berjumlah 42 siswa. Data penelitian ini dikumpulkan melalui informan atau nara sumber, tempat dan peristiwa berlangsungnya aktifitas pembelajaran dan dokumen atau arsip. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi dan wawancara. Penelitian ini menggunakan dua macam triangulasi, yang pertama triangulasi sumber data yang berupa informasi dari guru dan siswa tentang tindakan yang diterapkan, dan kedua triangulasi teknik atau metode pengumpulan data dari hasil observasi maupun wawancara. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis alir. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini laksanakan melalui tiga siklus. Diharapkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran PKn materi Budaya Politik di Indonesia mengalami peningkatan sebesar 80% dari 42 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat keaktifan siswa dalam proses pembelajaran PKn Materi Budaya Politik di Indonesia di kelas XI TKR 2 SMK Muhammadiyah Delanggu Klaten Tahun 2010 sebelum dilaksanakan Penelitian Tindakan Kelas yaitu dari siswa yang aktif bertanya, berpendapat dan menjawab pertanyaan sebanyak 13 (30,95%) siswa. Setelah dilakukan tindakan yang disepakati yaitu dengan menerapkan strategi pembelajaran Card Sort bervariasi pada proses pembelajaran PKn materi Budaya Politik di Indonesia diperoleh hasil yaitu siklus I keaktifan meningkat menjadi 16 (44,44%) siswa, siklus II meningkat menjadi 26 (72,22%) siswa, dan Siklus III meningkat menjadi 33 (82,50%) siswa. Hasil penelitian ini sudah memenuhi indikator pencapaian. Berdasarkan data hasil Penelitian Tindakan Kelas di atas maka hipotesis kinerja yang menyatakan “Diduga melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Card Sort Bervariasi dapat Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Proses Pembelajaran PKn Materi Budaya Politik di Indonesia pada Siswa Kelas XI TKR 2 SMK Muhammadiyah Delanggu Klaten Tahun 2010”, terbukti dan diterima kebenarannya. Lebih lanjut dapat dikatakan bahwa semakin sering menerapkan strategi pembelajaran Card Sort bervariasi akan menyebabkan semakin tinggi pula keaktifan siswa. Dengan demikian strategi pembelajaran Card Sort bervariasi merupakan faktor yang ikut mempengaruhi keaktifan siswa dalam proses pembelajaran PKn materi Budaya Politik di Indonesia.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | RAK A220/2011-013 |
Uncontrolled Keywords: | Strategi pembelajaran, Card Sort Bervariasi, Keaktifan, Budaya Politik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 14 Apr 2011 05:06 |
Last Modified: | 18 Apr 2011 07:15 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11495 |
Actions (login required)
View Item |