PENGARUH PENGUMUMAN DIVIDEN TERHADAP HARGA SAHAM DAN VOLUME PERDAGANGAN SAHAM PADA PERUSAHAAN PUBLIK DI BURSA EFEK JAKARTA PERIODE 2001-2004

FEBRIANTO , M. SALEH (2007) PENGARUH PENGUMUMAN DIVIDEN TERHADAP HARGA SAHAM DAN VOLUME PERDAGANGAN SAHAM PADA PERUSAHAAN PUBLIK DI BURSA EFEK JAKARTA PERIODE 2001-2004. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
1._Halaman_Depan.pdf

Download (111kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
1.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (Bab II)
2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] PDF (Bab III)
3._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img] PDF (Bab IV)
4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img] PDF (Bab V)
5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
5._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran 1)
6._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img] PDF (Lampiran 2)
7._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)

Abstract

Untuk membuat keputusan investasi seorang investor akan dipengaruhi oleh risiko dan tingkat keuntungan yang diharapkan. Investor seharusnya melakukan analisis sebelum menentukan saham-saham mana yang akan dibeli. Salah satu dasar utama yang digunakan untuk menganalisis adalah informasi. Informasi yang sepenuhnya tercermin pada harga saham akan sangat berharga bagi para pelaku pasar modal. Investasi sangat dipengaruhi oleh perdagangan saham dan harga saham suatu perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris dari pengaruh pengumuman dividen akan memiliki arti apabila pengumuman dividen dapat mempengaruhi keputusan investor. Ada tidaknya pengaruh akan dilihat dari rata- rata perubahan harga saham dan volume perdagangan saham sebelum dan sesudah tanggal pengumuman dividen. Teknik uji yang digunakan adalah teknik uji peringkat bertanda Wilcoxon ( Wilcoxon Sign Rank test ) untuk data berpasangan menggunakan α = 5%. Dari 389 perusahaan go publik yang mengumumkan dividennya pada tahun 2001-2004, diambil sampel 30 perusahaan sebagai sampel, yang memenuhi kriteria. Mengingat data yang diolah jumlahnya banyak dan untuk menyingkat waktu serta menghindari kekeliruan dalam perhitungan maka selanjutnya data diolah dengan menggunakan program Statistical Package for Social Science (SPSS) versi 10.01 dan Microsoft Excel. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil yaitu 1) ada perbedaan yang signifikan pada perubahan volume perdagangan saham ( ditunjukkan dengan nilai asymp. Sig sebesar 0,017 dan nilai thitung sebesar -2,537, nilai ttabel untuk α = 5% adalah ± 1,96 ). Hal ini menunjukkan bahwa peristiwa pengumuman dividen mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap volume perdagangan saham. 2) ada perubahan perbedaan harga saham antara periode sebelum dan sesudah peristiwa pengumuman dividen ( ditunjukkan dengan nilai asymp. Sig 0,029 dan nilai thitung sebesar -2,298, nilai ttabel untuk α = 5% adalah ± 1,96 ). Hal ini menunjukkan bahwa peristiwa pengumuman dividen yang dipublikasikan perusahaan publik berpengaruh secara signifikan terhadap pengambilan keputusan investasi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Dividen, Perubahan Volume Perdagangan Saham, Perubahan Harga Saham, Wilcoxon Sign Rank Test.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 14 Apr 2011 04:52
Last Modified: 14 Apr 2011 04:52
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11494

Actions (login required)

View Item View Item