PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA TENTANG PROFESIONALITAS GURU DAN MOTIVASI UNTUK MENJADI GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN YANG PROFESIONAL TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN FKIP UMS ANGKATAN 2008

HANDAYANI, ROSY (2011) PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA TENTANG PROFESIONALITAS GURU DAN MOTIVASI UNTUK MENJADI GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN YANG PROFESIONAL TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN FKIP UMS ANGKATAN 2008. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Bab I)
Cover_dan_BAB_I.pdf

Download (103kB)
[img] PDF (Full Text)
Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh persepsi mahasiswa tentang profesionalitas guru terhadap kedisiplinan belajar mahasiswa pendidikan kewarganegaraan FKIP UMS angkatan 2008. 2) pengaruh motivasi untuk menjadi guru Pendidikan Kewarganegaraan yang profesional terhadap kedisiplinan belajar mahasiswa pendidikan kewarganegaraan FKIP UMS angkatan 2008. 3) pengaruh persepsi mahasiswa tentang profesionalitas guru dan motivasi untuk menjadi guru Pendidikan Kewarganegaraan yang profesional terhadap kedisiplinan belajar mahasiswa pendidikan kewarganegaraan FKIP UMS angkatan 2008. Penelitian ini mengambil lokasi di Progdi Pendidikan Kewarganegaraan FKIP UMS. Populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa Pendidikan Kewarganegaraan FKIP UMS Angkatan 2008 yang berjumlah 131 mahasiswa. Sampel diambil sebanyak 40 orang mahasiswa dengan teknik Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Ada pengaruh positif yang signifikan persepsi mahasiswa tentang profesionalitas guru terhadap kedisiplinan belajar mahasiswa Pendidikan Kewarganegaraan FKIP UMS Angkatan 2008. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,510 > 2,026. 2) Ada pengaruh positif yang signifikan motivasi mahasiswa untuk menjadi guru Pendidikan Kewarganegaraan yang profesional terhadap kedisiplinan belajar mahasiswa Pendidikan Kewarganegaraan FKIP UMS Angkatan 2008. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 4,175 > 2,026. 3) Ada pengaruh positif yang signifikan persepsi mahasiswa tentang profesionalitas guru dan motivasi mahasiswa untuk menjadi guru Pendidikan Kewarganegaraan yang profesional terhadap kedisiplinan belajar mahasiswa Pendidikan Kewarganegaraan FKIP UMS Angkatan 2008. Berdasarkan uji keberartian regresi linear ganda diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 19,841 > 3,252. Variabel persepsi mahasiswa tentang profesionalitas guru memberikan sumbangan efektif 22,3%. Variabel motivasi untuk menjadi guru Pendidikan Kewarganegaraan yang Profesional memberikan sumbangan efektif 29,4%. Dengan membandingkan nilai sumbangan efektif nampak bahwa variabel motivasi untuk menjadi guru Pendidikan Kewarganegaraan yang Profesional memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap kedisiplinan belajar mahasiswa dibandingkan variabel persepsi mahasiswa tentang profesionalitas guru.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A220/2011-018
Uncontrolled Keywords: persepsi mahasiswa tentang profesionalitas guru, motivasi untuk menjadi guru PKn yang Profesional dan kedisiplinan belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 14 Apr 2011 04:49
Last Modified: 18 Apr 2011 06:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11493

Actions (login required)

View Item View Item