YULIANA, VITA (2011) STUDI KOMPARASI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAME TOURNAMEN (TGT) DALAM KONTEK PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMP ISS JATIPURNO TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (225kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (202kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (288kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (268kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (197kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (120kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (53kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan prestasi belajar ekonomi yang menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievemen Division (STAD) dan metode pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournamen (TGT) pada bidang studi IPS Ekonomi kelas VII di SMP ISS Jatipurno. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimentasi. Penelitian ini mengambil lokasi di SMP ISS Jatipurno. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP ISS Jatipurno tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 132 siswa. Sampel diambil sebanyak 88 orang siswa dengan teknik Purposif random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes dan dokumentasi. Metode tes sebelumnya telah diuji cobakan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah menggunakan uji t-test, pengujian prasyarat analisis dengan metode Lillefors untuk uji normalitas dan uji Bartlett untuk uji homogenitas. Dari analisis data dengan taraf signifikansi 5% diperoleh kesimpulan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournamen (TGT) dengan metode pembelajran kooperatif tipe Student Teama Achievemen Division (STAD) dengan thitung = 2,893 > ttabel = 1,988. Sedangkan dengan melihat nilai rata-rata dari kedua kelas dimana nilai rata-rata kelas eksperimen = 76,4 dan nilai rata-rata kelas kontrol = 70,7 sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan metode pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournamen (TGT) lebih baik dari pada dengan metode pembelajaran kooperatif tipe Student Teama Achievemen Division (STAD)
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournamen (TGT), metode pembelajaran koopertif tipe Student Teama Achievemen Division (STAD), Prestasi belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 13 Apr 2011 06:03 |
Last Modified: | 13 Apr 2011 06:03 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11462 |
Actions (login required)
View Item |