YUANITA, TRIA (2011) HUBUNGAN KEMAMPUAN AWAL MAHASISWA DAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA (Studi Kasus Mahasiswa FKIP Prgram Studi Pendidikan Akuntansi semester VII Tahun 2010). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Bab I)
Cover_&_BAB_I.pdf Download (134kB) |
|
PDF (Full Text)
Skripsi_Lengkap.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) hubungan antara kemampuan awal mahasiswa dengan prestasi belajar mahasiswa. 2) hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar mahasiswa. 3) hubungan secara bersamaan antara kemampuan awal mahasiswa dan kecerdasan emosional dengan prestasi belajar mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional. Penelitian ini mengambil lokasi di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa FKIP Akuntansi semester VII tahun 2010 Universitas Muhammadiyah Surakarta yang berjumlah 170 mahasiswa. Sampel diambil sebanyak 114 orang siswa dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis korelasi sederhana, analisis korelasi linear ganda dan perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil penelitian ini adalah 1) Ada hubungan positif antara kemampuan awal dengan prestasi belajar. Berdasarkan analisis diperoleh koefisien korelasi ry1 sebesar 0,503 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 2) Ada hubungan positif antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar. Berdasarkan analisis diperoleh koefisien korelasi ry2 sebesar 0,468 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 3) Ada hubungan positif antara kemampuan awal dan kecerdasan emosional dengan prestasi belajar. Berdasarkan analisis diperoleh koefisien korelasi ganda sebesar 0,590 dan nilai Fhitung > Ftabel, yaitu 29,610 > 3,078. 4) Variabel kemampuan awal memberikan sumbangan efektif 19,4% dan variabel kecerdasan emosional memberikan sumbangan efektif 15,4%. Jadi total sumbangan efektif adalah 34,8%, sedangkan sisanya 65,2% dipengaruhi oleh variabel lain, misalnya motivasi belajar, minat belajar, dan fasilitas belajar.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan awal, kecerdasan emosional dan prestasi belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 13 Apr 2011 05:35 |
Last Modified: | 13 Apr 2011 05:35 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11456 |
Actions (login required)
View Item |