PENETAPAN PANDUAN PENGEMBANGAN KURIKULUM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA BERBASIS REVOLUSI INDUSTRI 4.0: KEPUTUSAN REKTOR UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA NOMOR: 108/R/II/2019

, Universitas Muhammadiyah Surakarta (2023) PENETAPAN PANDUAN PENGEMBANGAN KURIKULUM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA BERBASIS REVOLUSI INDUSTRI 4.0: KEPUTUSAN REKTOR UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA NOMOR: 108/R/II/2019. UNSPECIFIED. Skretariat Rektor UMS, Surakarta.

[img] PDF (Panduan Pengembangan Kurikulum)
Panduan-Pengembangan-Kurikulum.pdf

Download (1MB)

Abstract

Buku Pedoman Kurikulum ini sangat penting bagi UMS untuk memastikan setiap program studi merumuskan, merevisi maupun melakukan penyesuaian yang diperlukan dalam upaya menghadapi berbagai perubahan lingkungan eksternal makro maupun mikro. Perubahan paradigma dari input/process-based education menuju outcome-based education (OBE) mendorong setiap program studi untuk mampu merumuskan kompetensi lulusannya dalam bentul Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang komprehensif yang mencakup sikap, pengetahuan dan keterampilan sesuai profil lulusan yang ditargetkan dan level kompetensi sesuai jenjang KKNI. Alignment antara CPL dengan kurikulum dan metode asesmen sangat penting untuk dirancang dengan baik untuk memastikan CPL yang ditargetkan dapat diukur, dipenuhi dan dievaluasi. Buku Pedoman Penyusunan Kurikulum disusun agar progarm studi mampu mengakomodasi berbagai perubahan-perubahan ini dengan lebih sistematis dan terarah.

Item Type: Monograph (UNSPECIFIED)
Uncontrolled Keywords: PANDUAN PENGEMBANGAN KURIKULUM BERBASIS REVOLUSI INDUSTRI 4.0
Subjects: L Education > L Education (General) > L2 UMS
L Education > L Education (General) > L2 UMS > PEDOMAN-PEDOMAN
Divisions: Unit > Humas
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 02 Aug 2023 09:30
Last Modified: 02 Aug 2023 09:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/114451

Actions (login required)

View Item View Item