PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI DAN PERSEPSI SISWA TENTANG PROFESIONALISME GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI I KARTASURA TAHUN AJARAN 2009/2010

KASRIYATUN, KASRIYATUN (2011) PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI DAN PERSEPSI SISWA TENTANG PROFESIONALISME GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI I KARTASURA TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Bab I)
File_2._Cover__dan_BAB_I.pdf

Download (461kB)
[img] PDF (Full Text)
File_1._Skripsi_Kasriyatun.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar akuntansi; 2) pengaruh persepsi siswa tentang profesionalisme guru terhadap prestasi belajar akuntansi; 3) pengaruh motivasi berprestasi dan persepsi siswa tentang profesionalisme guru secara bersama-sama terhadap prestasi belajar akuntansi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri I Kartasura tahun ajaran 2009/2010 sejumlah 182 siswa. Sampel diambil sebanyak adalah 46 orang siswa (25%) yang diambil dengan teknik proporsional random sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 5,704 + 1,029.X1 + 0,902.X¬2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar akuntansi siswa dipengaruhi oleh motivasi berprestasi dan persepsi siswa tentang profesionalisme guru. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Motivasi berprestasi berpengaruh positif terhadap prestasi belajar akuntansi siswa. Hasil analisis regresi memperoleh nilai thitung sebesar 6,313 > ttabel (2,021) dengan p-value = 0,000 diterima pada taraf signifikansi 5%. Besar pengaruh motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar akuntansi adalah sebesar 46%; 2) Persepsi siswa tentang profesionalisme guru berpengaruh positif terhadap prestasi belajar akuntansi siswa. Hasil analisis regresi memperoleh nilai thitung sebesar 4,372 > ttabel (2,021) dengan p-value = 0,000 diterima pada taraf signifikansi 5%. Besar pengaruh persepsi siswa tentang profesionalisme guru terhadap prestasi belajar akuntansi adalah sebesar 28,6%; 3) Motivasi berprestasi dan persepsi siswa tentang profesionalisme guru berpengaruh positif terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kartasura tahun pelajaran 2009/2010. Hal ini terbukti dari hasil analisis uji F yang memperoleh nilai Fhitung sebesar 63,294 lebih besar dari nilai Ftabel sebesar 3,23 pada taraf signifikansi 5%; 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,746 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh motivasi berprestasi dan persepsi siswa tentang profesionalisme guru terhadap prestasi belajar akuntansi siswa adalah sebesar 74,6%, sedangkan 25,4% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti, misalnya metode pembelajaran, lingkungan belajar, bimbingan orang tua, dan sebagainya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Berprestasi, Persepsi Siswa tentang Profesionalisme Guru, Prestasi Belajar Akuntansi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 12 Apr 2011 05:39
Last Modified: 12 Apr 2011 05:39
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11427

Actions (login required)

View Item View Item