DARIYANTI, DARIYANTI (2011) PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN STATUS SOSIAL EKONOMI TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI IPS SMA BHINNEKA KARYA 2 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Bab I)
COVER_+_BAB_I.pdf Download (132kB) |
|
PDF (Full Text)
SKRIPSI_Dariyanti_A_210_070_167.pdf Restricted to Repository staff only Download (566kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh pola asuh orang tua dengan prestasi belajar akuntansi 2) pengaruh status sosial dengan prestasi belajar akuntansi 3) pengaruh antara pola asuh orang tua dan status sosial ekonomi dengan prestasi belajar akuntansi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMA Bhinneka Karya 2 Boyolali. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI jurusan IPS SMA Bhinneka Karya 2 Boyolali Tahun Ajaran 2010/2011 yang berjumlah 150 siswa. Sampel diambil sebanyak 105 orang siswa dengan teknik propotional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Pola asuh orang tua pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Bhinneka Karya 2 Boyolali. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 4,632 > 1,983 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 2) Status sosial ekonomi berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Bhinneka Karya 2 Boyolali. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 4,033 > 1,983 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 3) Pola asuh orang tua dan status sosial ekonomi secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI IPS SMA Bhinneka Karya 2 Boyolali. Berdasarkan uji F diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 32,849 > 3,085 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Variabel pola asuh orang tua memberikan sumbangan efektif 21,5%. Variabel status sosial ekonomi memberikan sumbangan efektif 17,7%. Dengan demikian nampak bahwa variabel pola asuh orang tua memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap prestasi belajar dibandingkan variabel status sosial ekonomi.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pola asuh orang tua, status sosial ekonomi dan prestasi belajar akuntansi. |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 12 Apr 2011 04:37 |
Last Modified: | 12 Apr 2011 04:37 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11416 |
Actions (login required)
View Item |