ANALISIS PENGARUH DEVIDEND PER SHARE, RETURN ON INVESTMENT, LEVERAGE KEUANGAN, DAN INVESTASI TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK JAKARTA

KRISTIYANTI, ELLY ADI (2007) ANALISIS PENGARUH DEVIDEND PER SHARE, RETURN ON INVESTMENT, LEVERAGE KEUANGAN, DAN INVESTASI TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK JAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal Judul, Bab 1, Daftar Pustaka)
Bab_awal.pdf

Download (283kB)
[img] PDF (Bab Komplit)
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (520kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Devidend Per Share (DPS), Return On Investment (ROI), Leverage keuangan dan investasi terhadap harga saham. Besarnya dividen (yang tercermin dalam DPS) menjadi salah satu pertimbangan investor, tingkat ROI perusahaan bisa dijadikan acuan oleh investor, semakin besar ROI semakin menguntungkan investor. Leverage keuangan yang menunjukkan seberapa besar pendanaan dan aktiva perusahaan yang dibiayai oleh utang juga menjadi pertimbangan investor. Investasi yang ditanamkan oleh perusahaan menjadi indikator kemampuan perusahaan dalam mengelola modal dan menjadi jaminan bagi investor. Data yang digunakan sebagai sampel dalam penelitian ini adalah data perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEJ dengan kriteria perusahaan yang membagikan dividen selama tahun 2003, 2004, 2005 dan mempunyai ROI positif dan menerbitkan laporan keuangan secara lengkap dan diketahui harga penutupan sahamnya sebanyak 30 perusahaan. Metode analisis yang digunakan adalah model regresi berganda disertai dengan pengujian asumsi klasik sedangkan uji hipotesis yang digunakan adalah uji parsial dan uji model serta uji koefisien determinan (R2) Berdasarkan hasil analisis dengan alat bantu SPSS versi 10, didapat model regresi Y = 6,211+0,00496DPS+0,04705ROI+0,408LEV+0,003297INV dan dari hasil uji asumsi klasik dapat disimpulkan bahwa tidak ada gejala multikolinieritas, autokorelasi, heterokedastisitas dan data berdistribusi normal. Dari hasil uji hipotesis secara parsial diketahui DPS mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap harga saham sebesar 0,000 dibawah tingkat signifikan 0,05. Sedangkan untuk ROI sebesar 0,017 berarti ROI mempunyai pengaruh terhadap harga saham. Untuk leverage keuangan sebesar 0,067 sehingga leverage keuangan tidak berpengaruh terhadap harga saham. Investasi mempunyai nilai 0,585 berarti investasi tidak berpengaruh terhadap harga saham. Dari hasil analisis uji model (F) diperoleh nilai Fhitung sebesar 18,956 dengan probabilitas sebesar 0,000, karena Fhitung lebih besar dari FTabel (18,956 > 2,91) sehingga model yang digunakan sudah fit (cocok), sedangkan dari hasil uji koefisien determinan (R2 ) menunjukkan bahwa harga saham dapat dijelaskan oleh variasi DPS dan ROI sebesar 54,9% sisanya (58,0%) dijelaskan oleh banyak variabel lain.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Devidend Per Share (DPS), Return On Investment (ROI), leverage keuangan, investasi, harga saham.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 11 Apr 2011 10:05
Last Modified: 11 Apr 2011 10:41
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11407

Actions (login required)

View Item View Item