PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI DAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS DI SMAN 1 SAMBUNGMACAN SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/2011

RHIEZQY, ZHARROH (2011) PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI DAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS DI SMAN 1 SAMBUNGMACAN SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
PRA_HALAMAN.pdf

Download (184kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
bab_1.pdf

Download (110kB)
[img] PDF (Bab II)
bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[img] PDF (Bab III)
bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB)
[img] PDF (Bab IV)
bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB)
[img] PDF (Bab V)
bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (91kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Pengaruh motivasi berprestasi terhadap kreativitas belajar akuntansi siswa kelas XI SMAN 1 Sambungmacan Sragen 2) Pengaruh kemampuan berfikir kritis terhadap kreativitas belajar akuntansi siswa kelas XI SMAN 1 Sambungmacan Sragen. 3) Pengaruh motivasi berprestasi dan kemampuan berfikir kritis terhadap kreativitas belajar akuntansi siswa kelas XI SMAN 1 Sambungmacan Sragen. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMAN 1 Sambungmacan Sragen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMAN 1 Sambungmacan Sragen yang berjumlah 149 siswa. Sampel diambil sebanyak 105 orang siswa dengan proportionate random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah motivasi berprestasi dan kemampuan berfikir kritis berpengaruh terhadap kreativitas belajar akuntansi pada siswa kelas XI SMAN 1 Sambungmacan Sragen tahun ajaran 2010/2011. Berdasarkan analisi regresi linier berganda diperoleh persamaan Y = 7,674 + 0,385X1 + 0,425X2. 1) Motivasi berprestasi berpengaruh positif terhadap kreativitas belajar akuntansi pada siswa kelas XI SMAN 1 Sambungmacan Sragen tahun ajaran 2010/2011. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 4,765 > 1,983 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 2) Kemampuan berfikir kritis berpengaruh positif terhadap kreativitas belajar akuntansi pada siswa kelas XI SMAN 1 Sambungmacan Sragen tahun ajaran 2010/2011. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 5,353 > 1,983 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 3) Motivasi berprestasi dan kemampuan berfikir kritis berpengaruh positif dan signifikan terhadap kreativitas belajar akuntansi pada siswa kelas XI SMAN 1 Sambungmacan Sragen tahun ajaran 2010/2011. Berdasarkan hasil uji keberartian regresi linear ganda (uji F) diketahui bahwa H0 ditolak, karena Fhitung > Ftabel, yaitu 39,888 > 3,085 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Variabel motivasi berprestasi memberikan sumbangan relatif sebesar 45,7% dan sumbangan efektif 20,1%. Variabel kemampuan berfikir kritis memberikan sumbangan relatif sebesar 54,3% dan sumbangan efektif 23,8%

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A210/2011-004
Uncontrolled Keywords: motivasi berpestasi, kemampuan berfikir kritis dan kreativitas belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 11 Apr 2011 09:19
Last Modified: 18 Apr 2011 05:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11403

Actions (login required)

View Item View Item