Kurniasih, Catur Indah (2008) PENGARUH AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP N 3 CEPER KLATEN TAHUN AJARAN 2007/2008. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF
A210010072.pdf Restricted to Repository staff only Download (804kB) |
Abstract
Jenis penilitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian siswa kelas VIII SMP N 3 Ceper Klaten yang berjumlah 135 orang siswa dengan sampel 95 orang. Teknik sampling yang di gunakan adalah proporsional random sampling. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah metode angket, metode dokumentasi, dan metode interview. Data diolah dengan menggunakan bantuan program SPSS for Windows V. 11.5. Sebelum dilakukan analisis data, terlebih dahulu instrumen diuji validitas dan reliabilitas. Dari hasil validitas menunjukkan bahwa 16 soal valid untuk angket penelitian, 4 butir soal yang tidak valid. Uji asumsi terdiri dari uji normalitas dan uji linieritas data, data dinyatakan normal dan menunjukkan linier. Analisis data dalam penelitian ini meliputi; analisis regresi linier sederhana dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar berpengaruh terhadap hasil belajar ditunjukkan oleh nilai t hitung 2.573 sementara t tabel sebesar 1.671 atau (2.573 > 1.671) dengan signifikasi sebesar 0.001 < 0.05. Aktivitas belajar memberikan kontribusi terhadap prestasi belajar IPS sebesar 2,6 %. Sementara 97.4% ditentukan oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | aktivitas belajar, prestasi belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 12 Jul 2008 04:25 |
Last Modified: | 17 Nov 2010 13:45 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/114 |
Actions (login required)
View Item |