PENGARUH COMPUTER ANXIETY DAN PENGALAMAN TERHADAP KEAHLIAN KARYAWAN DALAM PENGGUNAAN KOMPUTER (Survey pada Bank-bank Syariah di Surakarta)

INDRA YANI, INDRA YANI (2007) PENGARUH COMPUTER ANXIETY DAN PENGALAMAN TERHADAP KEAHLIAN KARYAWAN DALAM PENGGUNAAN KOMPUTER (Survey pada Bank-bank Syariah di Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
cover.pdf

Download (188kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (109kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (391kB)

Abstract

Teknologi Informasi dengan infrastruktur dan titik layanannya telah jauh berkembang dengan cukup baik di Indonesia. Sampai saat ini semakin banyak orang yang menggunakan sistem komputer (computerized). Teknologi komputer mempunyai kemampuan untuk mempengaruhi efisiensi dan produktivitas karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh computer anxiety dan pengalaman pengaruhnya terhadap keahlian karyawan dalam menggunakan komputer. Populasi dari penelitian ini adalah semua karyawan bank syariah yang berada di Surakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Dari 60 kuesioner yang disebarkan, kuesioner yang kembali ke peneliti sebanyak 53 eksemplar. Setelah diadakan seleksi ulang terhadap kelengkapan dan pemenuhan syarat-syarat untuk dijadikan sampel, maka kuesioner yang tidak memenuhi kriteria pengisian lengkap dianggap gugur. Kuesioner yang gugur adalah sebanyak 11. Alasan tidak dapat dijadikan sampel karena sebanyak 2 kuesioner yang ada merupakan kuesioner yang tidak lengkap dan 9 kuesioner lainnya merupakan kuesioner yang tidak diisi sehingga tidak dapat dimasukkan ke dalam sampel penelitian. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji regresi linear berganda, uji t dan uji F serta koefisien determinasi (R2 ) Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan SPSS 13 diperoleh persamaan regresi Y = 161,416 - 0,665X1 + 8,699X2. Hasil uji t diperoleh hasil p- value variabel computer anxiety 0,005 dan p-value pengalaman 0,008 dengan demikian p-value lebih kecil dari pada p-value penelitian (0,05) maka Ho ditolak dan menerima H1 dan H2, yaitu ada pengaruh variabel computer anxiety dan pengalaman kerja terhadap keahlian karyawan. Sedangkan uji F diperoleh hasil p- value sebesar 0,000 lebih kecil daripada p-penelitian (0,05), sehingga disimpulkan ada pengaruh computer anxiety dan pengalaman yang signifikan antara variabel computer anxiety dan pengalaman terhadap keahlian karyawan bila digunakan simultan. Besarnya pengaruh computer anxiety dan pengalaman adalah 0,424 atau 42,4% sedangkan sisanya sebesar 57,6% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini seperti faktor pendidikan, keterampilan, dan masa kerja.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: computer anxiety, pengalaman, keahlian.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 11 Apr 2011 08:18
Last Modified: 11 Apr 2011 11:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11393

Actions (login required)

View Item View Item