Munif, Faisal and , Dr. Mutohharun Jinan, M. Ag (2023) Manajemen Kurikulum Di Madrasah Hifdzil Qur’an Al-Huda Jampen Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (347kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Restricted to Repository staff only Download (279kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (300kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (350kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (179kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (146kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (208kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
Surat Pernyataan Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (273kB) |
Abstract
Abstrak Pada era sekarang, sudah banyak sekali ditemui Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) yang didirikan. Problematika yang dihadapi yaitu masih banyak lembaga pendidikan Al-Quran yang belum memiliki manajemen kurikulum yang tertata dengan baik. Padahal, eksistensi TPQ memiliki peran yang sental bagi anak-anak, khususnya dalam belajar tentang pendidikan Al-Quran. Madrasah Hifdzul Quran Al-Huda Jampen atau sering disebut MHQ pada umumnya setara dengan Taman Pendidikan Al-Quran. Lembaga ini sudah memiliki manajemen kurikulum yang tertata dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan manajemen kurikulum di Madrasah Hifdzil Qur’an Al-Huda Jampen serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat manajemen kurikulum di Madrasah Hifdzil Qur’an Al-Huda Jampen. Jenis penelitian ini adalah field research dengan metode pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa proses manajemen kurikulum di MHQ Al-Huda Jampen, melalui empat tahapan, di antaranya, tahap perencanaan kurikulum meliputi menentukan tujuan, menentukan isi kurikulum, menentukan strategi atau metode pembelajaran dan penilaian hasil belajar santri. Tahap pengorganisasian kurikulum meliputi pengelompokkan santri dan pengajar di setiap kelas, menyusun capaian pembelajaran santri, menentukan jadwal materi klasikal dan jadwal KBM, dan alokasi pembelajaran. Kemudian tahapan pelaksanaan kurikulum yaitu pelaksanaan program kegiatan, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Adapun tahapan evaluasi kurikulum membahas mengenai evaluasi kehadiran santri dan pengajar, evaluasi tentang capaian santri dalam membaca tartil dan hafalan surat, evaluasi tentang kondisi kelas ketika pembelajaran serta membahas mengenai solusi untuk ke depannya. faktor pendukungnya meliputi kemampauan pengajar dama mengajar, santri yang semangat untuk belajar, faktor keluarga dan fasilitas yang cukup memadai sedangkan untuk faktor penghambatnya yaitu masalah koordinasi, kedisiplinan pengajar, pengajar yang terbatas dan adanya santri yang lambat dalam belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen, kurikulum, tahfidz dan Al-Qur’an. |
Subjects: | L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | FAISAL MUNIF |
Date Deposited: | 26 Jul 2023 07:45 |
Last Modified: | 26 Jul 2023 07:45 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/113926 |
Actions (login required)
View Item |