PRAMONO, PRAMONO (2011) PENGARUH KOMUNIKASI GURU DENGAN SISWA DAN KECERDASAN EMOSI TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA/SISWI KELAS XI SMA N 1 NGEMPLAK BOYOLALI TAHUN AJARAN 2009-2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (78kB) |
|
|
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf Download (28kB) |
|
PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (257kB) |
||
PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (115kB) |
||
PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (9kB) |
|
PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (150kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh komunikasi guru dengan siswa terhadap prestasi belajar ekonomi 2) Untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosi terhadap prestasi belajar ekonomi 3) Untuk mengetahui pengaruh komunikasi guru dengan siswa dan kecerdasan emosi terhadap prestasi belajar ekonomi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Dalam penelitian ini populasi sebesar 148 siswa sehingga sampel yang digunakan 89 dan sampling yang di gunakan adalah proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode angket dan dokumentasi. Metode angket sebelumnya telah diuji cobakan dengan uji validitas dan uji reabilitas. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi ganda, uji t, uji F, R2, dan perhitungan sumbangan relatif dan efektif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier berganda sebagai berikut Y = 45,314 + 0,405X1 + 0,204X2, artinya prestasi belajar ekonomi siswa dipengaruhi oleh tinggi rendahnya komunikasi guru dan kecerdasan emosi. Berdasarkan analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa 1) komunikasi guru berpengaruh positif terhadap prestasi belajar ekonomi. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung untuk variabel komunikasi guru sebesar 6,555, sehingga thitung > ttabel atau 6,555 > 1,988 (a = 0,05); 2) Kecerdasan emosi berpengaruh positif terhadap prestasi belajar ekonomi. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung untuk variabel kecerdasan emosi sebesar 2,911, sehingga thitung > ttabel atau 2,911 > 1,988 (a = 0,05); 3) komunikasi guru dan kecerdasan emosi bersama-sama berpengaruh positif terhadap prestasi belajar ekonomi. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan Fhitung > Ftabel atau 29,074 > 3,103 (a = 0,05); 4) Hasil perhitungan untuk nilai R2 sebesar 0,403, berarti 40,3 % prestasi belajar ekonomi dipengaruhi oleh variabel komunikasi guru dan kecerdasan emosi; 5) Sumbangan efektif variabel komunikasi guru (X1) memberikan kontribusi sebesar 32,24% terhadap prestasi belajar ekonomi, sementara kecerdasan emosi (X2) memberikan kontribusi sebesar 8,06% terhadap prestasi belajar ekonomi, atau X1 dan X2 memberikan kontribusi terhadap Y sebesar 40,3%, sementara 59,7% dipengaruhi variabel lain di luar variabel yang diteliti.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | komunikasi guru, kecerdasan emosi dan prestasi belajar ekonomi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 11 Apr 2011 07:46 |
Last Modified: | 11 Apr 2011 11:15 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11391 |
Actions (login required)
View Item |