Penerapan Kebijakan Pengembangan Koleksi Di Perpustakaan Dan Pusat Layanan Digital Universitas Muhammadiyah Surakarta Pasca Pandemi

Yuniwati, Ken Retno (2023) Penerapan Kebijakan Pengembangan Koleksi Di Perpustakaan Dan Pusat Layanan Digital Universitas Muhammadiyah Surakarta Pasca Pandemi. In: Prosiding Seminar Nasional Pengembangan Perpustakaan Perguruan Tinggi, 21-23 Februari 2023, Mataram, Nusa Tenggara Barat.

[img] PDF (Artikel Silasma 2023)
Revisi_CFP Silasma 33_Ken Retno (1).pdf

Download (345kB)

Abstract

Perpustakaan dan Pusat Layanan Digital UMS adalah salah satu unit pendukung kegiatan akademik di UMS, yang keberadaannya mampu mendukung prestasi Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) sebagai institusi induk. Realisasi dukungan dalam penyediaan koleksi perpustakaan yang sesuai dengan kebutuhan pemustaka, melalui kegiatan pengembangan koleksi. Tujuan tulisan ini adalah untuk menganalisis bagaimana pelaksanaan kegiatan pengembangan koleksi Perpustakaan dan Pusat Layanan Digital sebelum dan sesudah masa pandemi covid-19. Tantangan pandemi covid-19 selama hampir satu setengah tahun dan setelahnya, berpengaruh terhadap proses pelaksanaan kegiatan pengembangan koleksi. Pembelajaran yang berbasis e-learning, mengharuskan perpustakaan mampu menyediakan koleksi yang mendukung proses pembelajaran tersebut. Koleksi ejournal dan ebook menjadi perhatian serius perpustakaan, agar kehadirannya tetap dilirik pemustaka. Metode penelitian yang dipakai penulis adalah metode deskriptif kualitatif. Kesimpulan yang didapatkan penulis adalah perpustakaan harus mampu mengimplementasikan dan mengkolaborasikan koleksi cetak dan koleksi elektronik, agar bisa mendukung proses pembelajaran secara lebih maksimal.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: pengembangan koleksi; kebijakan pengembangan koleksi, pandemi covid-19
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Unit > Perpustakaan
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 22 Jul 2023 07:07
Last Modified: 23 Apr 2024 06:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/113837

Actions (login required)

View Item View Item